Categories
Hidup Sehat

Fidget Spinner, Mainan Yang Memiliki Manfaat

Fidget spinner adalah perangkat bantalan bola kecil yang dapat diputar pengguna di antara jari-jarinya. Momentum mainan ini memberikan pengalaman sensoris yang menyenangkan dan menjadi mainan yang cukup terkenal pada tahun 2017. Mainan ini pun diklaim memiliki beberapa kemungkinan manfaat terapi bagi penggunanya.

Bermain fidget spinner dapat menempati bagian otak Anda yang sebelumnya akan mengganggu sisa otak Anda dengan pikiran acak. Selain itu, dapat mencegah pikiran Anda untuk disibukkan oleh pikiran obsesif dan tidak sehat seperti apa arti hidup, apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, mengapa Anda tidak lebih menarik, mengapa orang lain tampak lebih sukses di Facebook daripada Anda dan sebagainya.

Kemungkinan lain adalah bahwa gerakan tubuh sebenarnya adalah bagian dari proses Anda berpikir dan berekspresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan fisik dalam banyak hal dapat membantu Anda dengan aktivitas kognitif seperti mencoret-coret dengan berpikir dan menuliskan sesuatu dengan mengingat. Karena itu, bermain fidget spinner dapat membantu Anda berpikir dan mengekspresikan diri.

Lalu apa saja manfaat fidget spinner?

  • Distraksi Anda dari perenungan

Salah satu alasan potensial bahwa fidget spinner menjadi penghilang stres adalah melalui kapasitas mereka untuk mengalihkan Anda dari perenungan tentang hal-hal yang Anda anggap sebagai stres.

  • Efek meditatif

Perhatian dan meditasi telah terbukti memiliki efek positif yang signifikan terhadap stres, baik stres sehari-hari maupun bentuk stres yang lebih serius. Fidget spinner memiliki kapasitas untuk menjadi objek fokus yang baik untuk meditasi perhatian, khususnya bagi Anda yang tidak biasa melakukan meditasi.

  • Gerakan dan ADHD

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak yang memiliki ADHD sering mendapat manfaat dari gerakan dan merasa lebih fokus setelah diizinkan untuk menggerakkan kelompok otot besar mereka. Oleh karena itu, bermain fidget spinner memiliki manfaat gerakan yang dapat melayani fungsi serupa.

Terapis okupasi sering menggunakan mainan sensorik seperti cakram taktil, bola Koosh dan bahkan dempul atau tanah liat untuk menenangkan anak-anak yang memiliki masalah pemrosesan sensorik. Demikian pula, penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan dapat membantu anak-anak dengan ADHD untuk fokus.

  • Sebagai mini-ritual yang dapat membantu menghilangkan stress

Perilaku berulang dapat memberikan kesinambungan dan gangguan yang menghibur bagi individu yang sedang merasa stress atau tertekan. Menggunakan fidget spinner, berfungsi seperti mini-meditasi atau ritual lainnya, yang dapat memberikan kenyamanan bagi individu yang sedang merasa stress tersebut.

  • Normalisasi bagi anak berkebutuhan

Salah satu manfaat anekdotal dari fidget spinner adalah bahwa hal itu menormalkan beberapa perilaku yang banyak anak, terutama pada spektrum autisme, sulit untuk dihentikan tetapi juga tidak dimiliki oleh anak-anak lain di lingkungannya.

Dengan fidget spinner, kebutuhan untuk bergerak berhenti dilihat sebagai sesuatu yang membuat anak-anak ini berbeda dan membuat mereka merasa “berbeda,” dan lebih banyak hal yang dilakukan semua orang, sebuah tren yang sedang mereka jalani, yang memberikan kenyamanan sosial bagi banyak orang yang hanya berusaha menyesuaikan diri dengan teman sebaya mereka.

Fidget spinner memang memiliki manfaat dalam membantu Anda mengurangi rasa stress, namun sayangnya tidak ada studi ilmiah yang membenarkan klaim kesehatan tertentu mengenai fidget spinner. Oleh karena itu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu mengenai manfaat terapi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *