Categories
Hidup Sehat

Arti Singkatan Dokter Spesialis yang Perlu Anda Perhatikan

Pernahkah Anda merasa bingung mengenai singkatan di belakang nama dokter spesialis yang Anda lihat ketika sedang berobat? Singkatan tersebut merupakan penanda dokter spesialis dalam suatu bidang keahlian tertentu. Mungkin Anda pernah mendengar dokter spesialis THT yang menangani pasien dengan gangguan telinga, hidung, dan tenggorokan? Itu hanya salah satu contoh dari segelintir pembagian dokter spesialis. 

Perbedaan dokter umum dengan dokter spesialis terletak pada keahliannya, yang mana dokter spesialis dapat menangani masalah atau gangguan yang lebih kompleks. Dokter umum akan merujuk pasien dengan masalah atau gangguan kesehatan yang lebih rumit ke dokter spesialis yang sesuai dengan keluhan yang dialami.

Proses untuk menjadi dokter spesialis bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya, dokter umum butuh untuk menjalani studi lanjutan sesuai bidang pilihannya yang dapat memakan waktu 3-5 tahun, tergantung pada jenis spesialis yang dipilih.

Dokter spesialis di Indonesia dan singkatan di belakang namanya

Berikut ini beberapa dokter spesialis beserta singkatan bidang ahlinya yang perlu Anda perhatikan:

  • Dokter spesialis anak

Dokter spesialis anak (Sp.A) adalah dokter yang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan anak, mulai dari lahir hingga dewasa muda atau sekitar 18 tahun. 

Kondisi umum yang biasanya menjadi fokus perhatian dokter spesialis anak, antara lain tumbuh kembang bayi dan anak, imunisasi, hingga pencegahan dan pengobatan penyakit pada bayi maupun anak. 

Gangguan kesehatan atau penyakit yang ditangani oleh dokter Sp.A cukup beragam, mulai dari batuk pilek hingga jantung.

  • Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah (Sp.JP) menangani masalah khusus pada kesehatan jantung, seperti serangan jantung, gangguan irama jantung, gagal jantung, dan stroke. Namun, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah tidak dapat melakukan operasi jantung. Biasanya, dokter spesialis jantung yang mampu melakukan operasi jantung ini adalah dokter yang telah mengambil spesialis bedah jantung.

  • Dokter spesialis kandungan

Dokter spesialis kandungan (Sp.OG) adalah dokter yang akan menangani seputar kesehatan wanita, seperti gangguan menstruasi, menopause, gangguan kesuburan, kehamilan, proses melahirkan, perawatan payudara, bahkan kanker pada organ reproduksi wanita.

  • Dokter spesialis anestesi

Dokter spesialis anestesi (Sp.An) adalah dokter dengan fokus penanganan kondisi pasien pada saat sebelum, ketika proses, dan pasca operasi. Dokter Sp.An bertugas untuk memberikan obat pereda nyeri dan obat bius. Selain itu, tugas dokter spesialis anestesi termasuk di dalamnya memantau kondisi pasien selama operasi, yang bertujuan untuk memastikan tanda-tanda vital pasien tetap dalam keadaan stabil.

  • Psikiater

Psikiater (Sp.KJ) adalah dokter dengan fokus keahlian dalam menangani masalah kesehatan mental, seperti depresi, skizofrenia, maupun gangguan kecemasan. 

Dokter dengan keahlian ini dapat menggunakan metode psikoterapi, merekomendasikan pemberian obat, hingga perawatan di rumah sakit untuk menangani kesehatan mental pasien. 

Sebagai catatan tambahan, psikiater dengan psikolog merupakan dua orang yang berbeda, walaupun lingkup permasalahannya serupa. Namun, psikolog bukanlah seorang dokter, sehingga tidak berwenang dalam meresepkan obat untuk pasien. Psikolog hanya dapat memberikan konseling pada pasien. 

Apakah dokter gigi termasuk dokter spesialis?

Dokter gigi pada dasarnya tidak termasuk dalam kategori dokter spesialis, karena dokter gigi tidak melakukan studi dokter umum terlebih dulu. 

Walaupun begitu, dokter gigi tetap dapat mengambil spesialisasi, seperti untuk menangani penyakit mulut maupun dokter spesialis bedah mulut. 

Categories
Hidup Sehat

Seperti Apa Cara Kerja Mesin Cuci Darah?

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting sebab berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Fungsi ginjal lainnya yaitu untuk membuang zat sisa metabolisme tubuh melalui urin. Apabila ginjal mengalami kerusakan berat, maka Anda perlu melakukan cuci darah dengan bantuan alat tertentu. Cuci darah adalah prosedur medis untuk menggantikan fungsi ginjal atau biasa disebut dengan hemodialisis.

Apa itu mesin cuci darah?

Mesin cuci darah adalah alat pemompa darah untuk membuang zat sisa metabolisme keluar dari tubuh. Mesin cuci darah sering disebut sebagai ginjal buatan bagi manusia. Ketika ginjal tidak berfungsi, maka kegiatan sehari-hari dapat terganggu sebab racun dalam tubuh tidak dapat dibersihkan. Mesin cuci darah memiliki dua tipe yaitu mesin cuci darah besar dan mesin cuci darah portabel.

Harga mesin cuci darah

Cuci darah biasanya dilakukan di rumah sakit menggunakan mesin cuci darah berukuran besar. Biaya cuci darah sendiri cukup menguras kantong, mengingat hal ini harus dilakukan berulang dan teratur sebab zat sisa metabolisme harus selalu dibuang dari tubuh. Sekali proses cuci darah, perkiraan harga berkisar antara 800.000 hingga 1.200.000, belum termasuk biaya admministrasi lainnya. Anda juga dapat memiliki mesin cuci darah di rumah sehingga tidak perlu ke rumah sakit. Jika ingin memilikinya di rumah, belilah mesin cuci darah protable berbentuk mirip tas pinggang. Cara kerja mesin cuci darah portabele yaitu dengan melingkarkan di pinggang, kemudian menarik dua tali menuju bahu. Akan tetapi hal ini tidak disarankan sebab jika cuci darah dilakukan di rumah sakit maka Anda akan terbantu dan terpantau oleh tenaga medis ahli jika terjadi hal di luar perkiraan.

Cara kerja mesin cuci darah

Cuci darah dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Dalam satu kali sesi cuci darah biasanya memakan waktu sekitar 3 jam. Prosedur mesin cuci darah tidak terlalu rumit terutama jika Anda sudah terbiasa. Bagaimana cara kerja mesin cuci darah? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Operasi pemasamgan kateter

Setelah Anda mendapat vonis gagal ginjal, maka dokter akan memberikan prosedur pengobatan lanjutan berupa cuci darah. Sebelum itu, Anda harus melakukan operasi untuk memasang kateter ke dalam pembuluh darah. Kateter merupakan selang khusus yang nantinya akan terhubung dengan filter khusus pada mesin cuci darah. Operasi akan dilakukan 4 hingga 8 minggu sebelum proses cuci darah dimulai untuk pertama kalinya.

  • Darah dialirkan lewat kateter

Setelah melewati 4 hingga 8 minggu, jaringan di sekitar pembuluh darah telah memulihkan diri pasca operasi pemasangan kateter. Dokter akan melakukan pengecekan guna memastikan apakah kateter sudah siap atau belum. Jika sudah, maka darah dari dalam tubuh akan dialirkan melalui kateter menuju mesin cuci darah.

  • Proses hemodialisis mulai dilakukan

Setelah darah dialirkan melalui kateter, maka proses hemodialisis dimulai. Pada mesin cuci darah, terdapat filter yang membantu membersihkan darah. Sisa zat metabolisme dalam tubuh akan dibuang. Setelah selesai dan darah sudah kembali bersih, maka akan dialirkan kembali ke dalam tubuh Anda.

Sebelum melakukan cuci darah, ada beberapa pantangan yang perlu Anda turuti agar proses lancar. Pantangan dapat berbeda-beda tergantung tingkat keparahan kerusakan ginjal. Dua pantangan umum sebelum cuci darah yaitu membatasi konsumsi air putih (hanya 1500ml/hari) serta membatasi konsumsi makanan yang mengandung fosfor, kalium, dan sodium. Apabila pantangan dilanggar, konsekuensinya adalah kemungkinan menumpuknya cairan di tubuh yang mengakibatkan komplikasi serius pada paru-paru maupun jaringan darah.

Categories
Hidup Sehat

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat di kulit kepala bisa muncul tiba-tiba tanpa Anda sadari. Jika jerawat di wajah bisa terlihat ketika bercermin, jerawat di kulit kepala tidak bisa dilihat dengan jelas. Tanda yang sering dipakai yaitu muncul benjolan yang terasa perih ketika menyisir rambut. Apa saja sih sebenarnya penyebab jerawat di kulit kepala? Serta bagaimana cara mengatasinya dengan aman dan benar? Simak penjelasan lengkapnya. 

jerawat di kulit kepala

Penyebab jerawat di kulit kepala

Penyebab umum munculnya jerawat di kulit adalah karena pori-pori tersumbat oleh minyak.Penyebab khususnya bisa sangat banyak. Jerawat di kulit kepala bisa muncul karena berbagai hal berikut ini. Pertama, kelenjar minyak terlalu aktif. Beberapa faktor berpengaruh pada kelenjar minyak ini seperti tingkat stres, keturunan, hormon yang kurang seimbang, serta pola makan yang buruk. Kedua, sisa produk perawatan rambut terjebak di kulit kepala. Ketiga, rambut dan kulit kepala kotor sehingga membuat sel kulit mati menumpuk dan memunculkan jerawat.

Cara mengatasi jerawat di kulit kepala

Ada banyak pilihan dalam mengatasi jerawat di kulit kepala. Anda bisa menggunakan satu cara saja, atau banyak sekaligus. Selama mendapatkan rekomendasi dari dokter, cara mana pun tentunya aman untuk diaplikasikan. Berikut ini beberapa cara yang ampuh menghilangkan jerawat di kulit kepala.

  1. Keramas menggunakan sampo antibakteri

Jerawat di kulit kepala bisa diatasi dengan menggunakan sampo antibakteri. Gunakan rekomendasi dari dokter untuk memilih jenis sampo bakteri yang akan digunakan. Kulit kepala Anda belum tentu cocok dengan semua sampo antibakteri yang di jual di pasaran. Jika sudah menemukan produk yang dirasa tepat, gunakan untuk keramas secara menyeluruh pada kepala. Ketika keramas, diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Hal ini bertujuan agar sampo menyerap ke seluruh kulit kepala sehingga bisa bekerja maksimal membasmi jerawat. Pastikan pula Anda membilas dengan bersih.

  • Gunakan minyak khusus

Menggunakan minyak khusus juga bisa menjadi cara untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Minyak yang bisa Anda gunakan yaitu tea tree dan jojoba. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Tea tree berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat di kulit kepala. Jojoba berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat di kulit kepala.

  • Oleskan salep antibiotik

Anda juga bisa menggunakan salep antibiotik untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Anda bisa mengunjungi dokter untuk mendapat resep salep antibiotik. Selain berbentuk salep, terdapat juga antibiotik minum yang sama efektifnya untuk membasmi jerawat di kulit kepala.

  • Minum antihistamin

Jerawat pada kulit kepala bisa saja disebabkan karena iritasi terhadap benda atau zat tertentu. Iritasi ini umumnya disebabkan oleh kulit yang alergi terhadap benda atau zat tertentu misalnya produk perawatan rambut tertentu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi antihistamin yang berfungsi untuk mengatasi alergi.

  • Minum isotretinoin

Jenis jerawat yang parah akan coba diatasi dengan pemberian isotretinoin. Obat ini dikonsumsi dengan cara ditelan, dan harus menggunakan resep dokter. Isotretinoin merupakan obat yang berfungsi mengurangi produksi minyak di kulit. Jerawat jenis nodul dan jerawat batu merupakan golongan yang cukup sulit diatasi sehingga biasanya diberikan isotretinoin. Jerawat di kulit kepala memang bukan kondisi medis serius. Namun Anda tetap harus waspada untuk kondisi medis lain yang lebih parah. Apabila semua cara di atas sudah dicoba namun jerawat di kulit kepala tak kunjung sembuh, Anda wajib untuk menghubungi dokter. Jerawat di kulit kepala bisa saja merupakan tanda kondisi yang lebih serius. Seperti kanker kulit, abses yang dalam, atau kista kulit.

Categories
Hidup Sehat

Cara Agar Ngantuk dan Tidur Dalam 10, 60 atau 120 Detik

Cara agar ngantuk sangatlah banyak, salah satunya tidak melihat-lihat jam.

Pada dasarnya banyak cara agar ngantuk, tetapi tidak semua orang cocok dengan cara tersebut. Ada yang bisa dengan mudah mengantuk dan tertidur, namun tidak sedikit juga orang yang berusaha keras untuk dapat memiliki tidur yang berkualitas.

Justru dengan Anda berusaha keras untuk dapat tidur, hal tersebut malah membuat pikiran Anda tetap terjaga. Hasilnya, Anda makin sulit untuk dapat tidur. Jadi, jika pikiran Anda sendiri tidak bisa tidur, maka akan sulit untuk tubuh Anda mengikutinya.

Namun, ada trik yang dipercaya dapat membuat Anda tidur lebih cepat. Akan tetapi, hal ini mungkin dapat bekerja tidak pada semua orang, karena tiap orang berbeda-beda penerimaannya.

  1. Cara agar mengantuk dan tidur dalam waktu 10 detik

Mungkin pada penderita insomnia, membuat tertidur dalam waktu 10 detik hampir tidak mungkin. Namun metode ini sering digunakan oleh para tentara dan disebut metode militer.

Metode militer

Metode militer ini adalah metode yang dipopulerkan oleh Sharon Ackerman yang berasal dari sebuah buku berjudul “Relax and Win: Championship Performance”. Metode ini sering kali digunakan oleh para tentara guna menghemat waktu yang mereka miliki selama pelatihan. Dan biasanya, cara ini dilakukan sambal duduk, atau tidur sambal duduk. Caranya adalah:

  • Biarkan seluruh wajah rileks, termasuk otot yang ada di dalam mulut Anda.
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan Anda berada di samping tubuh Anda.
  • Buang napas, serta buat rileks dada Anda.
  • Buat rileks juga kaki, paha, dan betis Anda.
  • Jernihkan pikiran Anda selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menyenangkan.
  • Jika hal ini tidak berhasil, coba ucapkan “jangan berpikir” berulang kali selama 10 detik.
  • Dalam 10 detik, Anda akan tertidur.

Seperti yang telah dikatakan di atas, metode ini belum tentu bekerja untuk Anda. Jadi tidak semua orang berhasil menggunakan metode ini. Selain itu, pada kondisi tertentu, seperti ADHD atau kecemasan dapat mengganggu keefektifan metode ini.

  • Cara agar mengantuk dan tidur dalam waktu 60 detik

Metode kedua yang bisa Anda coba, yaitu fokus pada pernapasan atau otot, membantu Anda mengalihkan pikiran dari topik dan kembali ke tempat tidur. Jika Anda termasuk orang yang baru pertama kali melakukan cara agar mengantuk dengan metode ini, mungkin Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari 2 menit.

4-7-8 metode pernapasan

Metode ini ialah menggabungkan kekuatan meditasi dan visualisasi, metode pernapasan ini kan menjadi lebih efektif dengan latihan. Jika Anda memilik masalah pernapasan, seperti asma maka pertimbangkan untuk memeriksakan diri ke dokter dahulu sebelum memulainya, karena hal tersebut bisa memperburuk gejala Anda.

Untuk melakukannya, letakkan ujung lidah Anda di langit-langit mulut, di belakang kedua gigi depan Anda. Jaga lidah agar tetap di sana sepanjang waktu yang diperlukan (60 detik) dan kerutkan bibir Anda jika perlu.  Ini caranya:

  • Biarkan bibir Anda sedikit terbuka dan membuat suara mendesing saat Anda mengeluarkan napas melalui mulut.
  • Kemudian tutup bibir Anda dan tarik napas tanpa suara melalui hidung. Hitung sampai 4 (4 detik)
  • Kemudian tahan napas selama 7 detik.
  • Setelah itu, buang napas (dengan suara mendesing) selama 8 detik. ( hitung 4 detik, tahan napas 7 detik dan rileks lalu buang napas dengan suara selama 8 detik).
  • Hindari terlalu waspada atau berpikir di akhir setiap siklusnya. Cobalah untuk melakukannya tanpa berpikir.
  • Selesaikan siklus ini selama empat napas penuh. Biarkan tubuh Anda tidur jika Anda merasa relaksasi datang lebih awal dari waktu yang telah ditentukan.

Relaksasi otot progresif

Cara agar mengantuk ini adalah teknik yang melibatkan peregangan dan pengenduran otot. Gerakan ini dapat membayangkan ketegangan keluar dari tubuh Anda saat mengeluarkan napas. ini caranya:

  • Angkat alis Anda setinggi mungkin selama 5 detik. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan otot dahi.
  • Segera kendurkan otot Anda dan rasakan ketegangannya mulai menurun. Tunggu 10 detik.
  • Tersenyumlah lebar untuk menciptakan ketegangan di pipi Anda, tahan selama 5 detik. Rileks.
  • Beri jeda sekitar 10 detik.
  • Tutup mata, tahan 5 detik, rileks.
  • Beri jeda sekitar 10 detik.
  • Miringkan kepala Anda sedikit ke belakang supaya Anda dapat melihat langit-langit dengan nyaman, lalu tahan 5 detik.
  • Beri jeda lagi 10 detik.
  • Lalu bergeraklah ke bagian tubuh lainnya, mulai dariu trisep ke dada, paha hingga kaki.
  • Biarkan diri Anda tertidur, meskipun Anda belum selesai mengencangkan dan melonggarkan seluruh tubuh.
  • Cara agar mengantuk dan tidur dalam waktu 120 detik

Jika metode sebelumnya masih belum berhasil juga, mungkin ada pikiran yang masih mengganjal dan harus dikeluarkan. Metode ini disebut Paradoxical Intention for Insomnia. Di mana metode ini menyarankan untuk Anda terus berpikir dan memerintahkan diri Anda untuk tetap berjaga.

Metode ini digunakan untuk mengurangi kecemasan pada penderita insomnia dan frustrasi karena tetap terjaga. Cara ini dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

Selain metode tadi, Anda pilihan lain adalah dengan melibatkan imajinasi Anda. Misalnya Anda dapat membayangkan tempat yang tenang dan damai, seperti air terjun, suara gemercik air, atau aroma tanah yang berasal karena hujan. Kuncinya adalah untuk membiarkan imajinasi tersebut mengambil semua ruang di otak Anda.

Semoga beberapa cara agar mengantuk dan dapat tertidur tanpa gangguan bisa berhasil dilakukan pada Anda. Namun, jika gangguan kecemasan semakin buruk dan membuat tidur Anda tidak berkualitas, disarankan untuk konsultasi pada dokter

Categories
Hidup Sehat

Cegah Kanker dengan Buah Tinggi Antioksidan Ini

Buah beri-berian menjadi kelompok buah yang kaya antioksidan

Mengubah pola makan sehat seperti rajin makan buah dapat menyelamatkan kita dari berbagai penyakit berbahaya. Buah merupakan makanan yang kaya manfaat, salah satunya mampu mencegah kanker. Konsumsilah buah tinggi antioksidan agar tubuh dapat memerangi sel-sel penyebab kanker.

Berikut ini beberapa buah tinggi antioksidan yang diyakini ampuh mencegah mutasi sel menjadi kanker yang dapat membahayakan nyawa seseorang:  

  • Stroberi

Buah dalam kelompok beri-berian, termasuk stroberi mengandung polifenol dalam jumlah tinggi. Polifenol merupakan senyawa antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan dapat berperan sebagai antikanker.  Selain itu stroberi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh karenanya, buah beri bisa jadi salah satu buah yang bisa cegah beragam jenis kanker, utamanya kanker payudara yang dapat Anda konsumsi setiap hari.

  • Delima 

Buah delima termasuk buah tinggi antioksidan dan anti inflamasi yang bisa mengatasi kanker. Buah delima juga mengandung Phytochemical yang disebut ellagitannins. Zat tersebut juga memproduksi aromatase atau enzim yang bisa meningkatkan hormon untuk mencegah kanker payudara. Delima juga dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi risiko penyakit kanker darah.

  • Plum dan Buah Persik

Menurut sebuah studi yang dilakukan ke hewan pada tahun 2009, polifenol yang ditemukan dalam buah prum dan persik dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker payudara. Polifenol membantu membunuh sel kanker sambil meninggalkan sel sehat sendiri. Selain itu buah plum dan persik memiliki kandungan polifenol dalam jumlah tinggi seperti yang terkandung dalam buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry hitam. 

  • Alpukat 

Alpukat merupakan salah satu buah yang efektif untuk melawan penyakit kanker. Buah ini termasuk kaya nutrisi zat antioksidan dan kandungan phytochemicals seperti vitamin, mineral, fiber, dan lemak tak jenuh. Phytochemicals sendiri merupakan senyawa nabati non-nutrisi bioaktif dalam buah-buahan yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kronis utama, termasuk kanker. 

  • Kurma

Buah kurma, yang amat populer saat bulan Ramadan ternyata ampuh untuk mencegah  penyakit kanker. Salah satu manfaat buah kurma adalah untuk menyembuhkan kanker koroner, kanker payudara, serta kanker mulut. 

Hal ini terjadi karena buah kurma memiliki kandungan vitamin A seperti karoten dan lutein untuk melawan penyakit kanker. Selain itu, kandungan Flavonoids yang terdapat dalam kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang besar. Kandungan yang terdiri dari catechol dan hydroxyl ini berperan besar dalam mengusir zat radikal bebas. 

  • Berry

Berry merupakan kelompok buah tinggi antioksidan dan secara alami memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Kadar gula dalam buah ini kecil, jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Blueberry dan cranberry telah terbukti memiliki sifat antikanker yang cukup kuat.

  • Apel

Apel dapat membantu menjaga kesehatan mulut serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mampu mencegah asma dan juga bekerja secara luar biasa dalam memerangi diabetes. Keampuhan apel dalam mencegah kanker dikarenakan komposisi mereka yang kaya flavonoid. Flavonoid ini merupakan salah satu elemen antikanker alami.

***

Narasi bahwa sel kanker bisa lenyap oleh buah menjadi masuk akal lantaran buah tinggi antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang sangat efektif melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, buah punya banyak manfaat bagi kesehatan lain karena di dalamnya kaya akan nutrisi dan kandungan vitamin lain. Itu semua baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan menangkal berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. 

Categories
Hidup Sehat

Teh Sereh Punya Sifat Antioksidan dan Antibakteri

Selain beraroma sedap, teh sereh juga punya manfaat yang "lezat".

Sereh, juga dikenal dengan nama citronella, merupakan tanaman dengan wangi lemon dan rasa buah sitrus. Tanaman ini sering dijumpai sebagai bahan baku untuk masakan khas Thailand dan dapat digunakan untuk mengusir serangga. Minyak esensial sereh juga digunakan sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat nuansa hati. Sereh juga digunakan sebagai “home remedy” untuk membantu tidur, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara populer untuk menikmati tanaman penuh manfaat ini adalah membuatnya menjadi teh sereh. 

Manfaat sehat teh sereh

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan, sereh mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Beberapa jenis antioksidan tersebut adalah isoorientin, asam chlorogenic, dan swertiajaponin. Dengan mengonsumsi teh sereh secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat antioksidan dapat membantu mencegah disfungsi sel-sel tubuh di dalam arteri koroner. Antioksidan tersebut juga akan bertindak melawan peradangan, yang mana merupakan faktor risiko utama untuk beberapa kondisi kesehatan serius seperti serangan jantung. Para peneliti belum melakukan penelitian skala besar untuk membuktikan klaim ini. Namun, dokter tahu bahwa minum teh dapat membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi munculnya peradangan di dalam tubuh. 

Selain melawan radikal bebas, teh sereh juga sangat bermanfaat dalam melawan infeksi mulut dan gigi berlubang karena sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Menurut sebuah studi vitro tahun 2012 yang diterbitkan oleh Institut Kesehatan Nasional, minyak esensial sereh menunjukkan kemampuan antibakteri dalam melawan bakteri Streptococcus mutans, yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Penelitian lanjutan juga menunjukkan bahwa minyak sereh dan ion perak dapat bekerjasama dalam melawan beberapa jenis bakteri dan jamur pada vitro. 

Cara penyajian teh sereh

Belum ada penelitian yang cukup tentang teh sereh untuk dapat merekomendasikan dosis standar untuk kondisi apapun. Untuk rekomendasi dosis, konsultasikan dengan dokter Anda atau tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi di bidangnya. Untuk mengurangi risiko efek samping, mulailah dengan minum satu cangkir teh sereh setiap harinya, dan hentikan konsumsi apabila Anda merasakan adanya efek samping apapun. Untuk membuat teh sereh, adapun langkah-langkah yang perlu diikuti di antaranya adalah:

  • Tuangkan satu cup air panas di atas 1 hingga 3 sendok teh sereh segar atau kering
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit
  • Saring dan sajikan panas atau bisa ditambahkan es

Anda juga bisa menemukan kantung teh sereh yang banyak dijual di toko-toko makanan atau online. Anda juga bisa menggunakan sereh segar yang dibeli di pasar atau Anda tanam sendiri di kebun. Akan lebih baik apabila Anda memilih serai yang ditanam secara organik untuk menghindari penggunaan pestisida sintetis yang berbahaya. Apabila Anda tidak suka minum teh sereh, Anda bisa gunakan sereh dengan cara mencampurnya ke dalam makanan. Tambahkan satu batang sereh ke dalam sup ataupun kari. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam daging atau ikan sebelum memanggangnya. 

Teh sereh umumnya aman untuk diminum dan mengandung manfaat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa sereh memiliki sifat anti peradangan, antibakteri, dan antikanker. Sereh juga dapat membantu melindungi dinding perut dan meningkatkan profil lipid Anda. Anda bisa minum teh sereh satu cangkir setiap harinya, atau sesuai dengan anjuran dan rekomendasi dokter.

Categories
Hidup Sehat

Hindari Cedera Tendon Achilles, Waspadai Risiko-risiko Ini

Jika Anda sering merasa kesemutsan ataupun tiba-tiba merasa nyeri ketika sedang berjalan tepatnya di sekitar belakang kaki bagian bawah, waspadalah. Jangan-jangan Anda tengah mengalami cedera tendon Achilles. Jika dibiarkan, cedera pada tendon Achilles bisa membuat Anda kesulitan berjalan disertai rasa sakit yang luar biasa.

cedera tendon achilles

Untuk diketahui, tendon merupakan urat yang menghubungkan antara otot dengan tulang sehingga ada elastistas terbatas dalam gerakan di bagian yang terhubung. Tendon Achilles sendiri merpakan urat terbesar yang ada di tubuh. Ia menghubungkna otot betis dengan tulang tumit. Cederanya tendon Achiles pada akhirnya memengaruhi elastisitas bagian tumit sehingga membuat Anda sulit menggerakkan telapak kaki sampai ke betis.

Cedera pada bagian tendon terbesar ini termasuk jenis penyakit yang umum terjadi ketika Anda beraktivitas secara berlebihan sehingga menimbulkan beban di kaki. Namun, cedera ini lebih berpotensi menyerang jika Anda memiliki risiko-risiko di bawah ini.

  1. Berusia 40—50 Tahun

Semakin tua usia Anda, semakin berisiko pula Anda terkena cedera tendon Achilles. Ini karena tingkat elastisitas otot Anda mulai berkurang ditambah adanya risiko pengapuran tulang yang berpengaruh pada motorik. Ada kecendrungan, risiko pada usia tua terkait penyakit ini akan meningkat pada laki-laki. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perbandingan penderita cedera tendon Achile antara laki-laki dan perempuan mencapai 5:1.

  • Obesitas

Tubuh yang terlalu gemuk membuat beban kaki bertambah. Khususnya, pertambahan beban akan dirasakan oleh bagian tumit di mana tempat tendon Achilles berada. Tidak heran pada orang-orang yang mengalami obesitas, cedera tendon Achilles menjadi lebih sering terjadi. Guna mengurangi risikonya, melakukan diet ketat yang sehat mesti segera dilakukan.

  • Pemakaian Hak Tinggi

Ini peringatan bagi perempuan agar tidak melulu menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi jika ingin menghindari rasa sakit yang ditimbulkan akibat cedera tendon Achilles. Hak tinggi hanya akan membuat tumit Anda bekerja ekstra sehingga kerap berujung cedera. Cobalah mengistirahatkan kaki dengan memakai alas kaki yang memiliki hak datar tiap kali Anda mulai merasa kesemutan.

  • Pemakaian Antibiotik

Ketika mengalami sakit yang disebabkan oleh bakteri, dokter cenderung akan memberikan Anda antibiotik untuk memulihkan keadaan. Tanpa Anda sadari, beberapa jenis antibiotik justru dapat meningkatkan risiko Anda terkena cedera tendon Achilles. Jenis antibiotik yang paling berpengaruh buruk pada kondisi tendon di bagian tumit Anda, yakni jenis Fluoroquinolone.

  • Ketegangan Otot Betis

Anda yang kerap mengalami keram atau ketegangan otot betis lebih berisiko mengalami cedera tendon Achilles daripada mereka yang memiliki otot betis lebih lentur. Ketegangan otot betis cenderung disebabkan kondisi kaki yang terlalu banyak beraktivitas. Untuk mengurangi gejala ketegangan otot betis, pastikan Anda selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas kaki yang berat, khususnya ketika hendak berolahraga.

  • Olahraga di Permukaan Tak Rata

Berhati-hatilah memilih tempat untuk berolahraga. Salah memilih tempat bisa membuat Anda terancam terkena cedera tendon Achilles. Hindari berolahraga di dataran yang tidak rata sebab bisa meningkatkan risiko jatuh. Berolahraga seperti lari pada jalanan menanjak juga meningkatkan risiko cedera tendon Achilles sebab membuat beban tumit kian bertambah.

  • Telapak Kaki Datar

Coba lihat permukaan telapak kaki Anda sekarang, apakah bentuknya melengkung atau justru tampak datar? Nyatanya, cedera tendon Achilles lebih rentan menyerang orang-orang yang memiliki permukaan telapak kaki datar. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan sepatu-sepatu yang guna meminimalkan risiko terkena cedera.

***

Dengan mengetahui faktor risiko cedera tendon Achilles, Anda pun bisa mengambil langkah lebih sigap sebagai upaya pencegahan. Karena apabila Anda sudah mengalami cedera, siap-siap saja berbagai kegiatan Anda mutlak terganggu. Tidak mau seperti itu, bukan?

Categories
Hidup Sehat

Perbedaan Asam Amino Esensial dan Non Esensial

L-carnitine adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Berbicara mengenai asam amino, salah satu contoh mudah yang sering atau banyak dilakukan orang adalah mengonsumsi beberapa butir telur dalam satu hari. Kebiasaan ini dilakukan karena telur mengandung banyak protein penting untuk membangun otot. Hal itu dikarenakan protein dibandIng oleh asam tersebut dan dibagi menjadi dua esensial dan non esensial.

Tak hanya berperan untuk membangun otot, beberapa komponen penting itu juga diperlukan agar tubuh bisa menjalankan fungsi lain dengan normal. Asam jenis esensial maupun non esensial sama-sama penting untuk tubuh, namun demikian terdapat beberapa hal yang membedakan jenis kedua asam ini.

Perbedaan Asam Amino

Asam ini adalah bahan baku yang digunakan untuk membentuk protein, ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein secara otomatis sistem pencernaan akan memecahnya kembali menjadi asam ini. Pecahan-pecahan asam ini yang nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk menjalankan semua fungsi tubuh.

Semua fungsi dalam tubuh bisa berjalan dengan baik harus membutuhkan 20 jenis asam ini, yang kemudian dikelompokkan menjadi dua jenis, asam yang esensial dan non esensial. Dari jenisnya yang ada, keduanya ini tentu berbeda dan memiliki penjelasan masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaannya.

  • Non Esensial

Sebanyak 20 jenis yang dibutuhkan oleh tubuh, 11 di antaranya masuk dalam kelompok non esensial, meski disebut demikian bukan berarti jenis asam ini tidak penting bagi tubuh. Diberi nama non esensial karena jenis asam ini bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga seseorang tidak perlu susah payah dalam memenuhi kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari, berikut jenisnya.

  • Alanin.
  • Arginin.
  • Asparagin.
  • Asam aspartat.
  • Sistein.
  • Asam Glutamat.
  • Glutamin.
  • Glisin.
  • Prolin.
  • Serin.
  • Tirosin.
  • Esensial

Jenis yang satu ini terdiri dari sembilan asam yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga hal ini memaksa seseorang untuk mengonsumsi asupan tertentu untuk bisa memenuhinya. Berikut ini beberapa jenis asam tersebut, histidin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan dan valin.

Manfaat Asam Amino

Asam ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari protein yang merupakan komponen penting untuk tubuh. Komponen ini dikelompokkan sebagai makronutrien dan berperan besar dalam pembentukan otot sekaligus merupakan salah satu bahan utama pembentuk otak, sel saraf, darah, rambut hingga kuku. Masing-masing bagian dari jenis asam ini juga memiliki fungsi dan manfaat untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Memproduksi energi.
  • Membantu pembentukan kolagen dan elastin yang baik untuk kesehatan kulit dan jaringan ikat.
  • Memiliki peran dalam metabolisme lemak dan sistem pertahanan tubuh.
  • Membantu mengatur kadar gula darah.
  • Mempercepat dimulainya proses penyembuhan luka.
  • Membantu produksi hormon pertumbuhan.
  • Berperan dalam pembentukan histamin yang berguna untuk fungsi seksual serta siklus tidur.

Jika dilihat dari berbagai peran yang dimiliki dan penting untuk tubuh, semua orang wajib mengonsumsi secara cukup jenis asam ini, tak hanya atlet maupun binaraga tetapi semua orang. Agar semua fungsi penting di tubuh berjalan dengan baik, seseorang perlu memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung asam amino esensial dalam menu harian.

Karena jenis non esensial sudah bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka manusia hanya tinggal memenuhi kebutuhan jenis esensial. Sejumlah makanan yang menyediakan asam jenis ini di antaranya adalah daging, telur, kacang kedelai, ikan, ayam, biji-bijian dan kacang-kacangan, keju, jamur, sayuran, susu dan gandum menjadi sumber dari asam jenis tersebut.

Categories
Hidup Sehat

Beberapa Kondisi ‘Aneh’ yang Disebabkan oleh Mutasi Gen

Makhluk hidup, utamanya manusia, terlahir dengan serangkaian kode genetika yang rumit. Gen sendiri merupakan sesuatu yang membuat manusia tampak beda satu sama lain. Namun, dalam perkembangannya, gen bisa berubah dan membuat kondisi yang bersangkutan menjadi tidak biasa. Kondisi ini yang disebut mutasi gen.

Mungkin, sebagian dari kita mengenal atau mengetahui mutasi gen dari film-film superhero. Ya, kekuatan super itu memang didapat lewat serangkaian perbuahan (baik disenagaja maupun tidak) genetika. Masalahnya, itu semua hanyalah fiksi hasil rekaan sineas belaka.

Di dunia nyata, meski tidak seheboh di film, ada beberapa kondisi yang tercipta lantaran mutasi gen. Yang cukup terkenal di antaranya:

  • Trimethylaminuria

Mutasi gen membuat seseorang yang mengalami trimethylaminuria memiliki bau badan yang menyengat. Nama lain dari kondisi yang disebabkan oleh mutasi genetika ini adalah fish odor syndrome.

Individu dengan trimethylaminuria dapat berbau seperti ikan busuk, telur busuk, sampah, hingga pesing seperti urin. Bau menyengat itu bersumber dari keringat, urin, napas, dan sekresi tubuh mereka yang lain. Kondisi ini tak pelak membuat penderitanya menjadi kesulitan dalam bersosialisasi.

  • Sindrom proteus

Gangguan ini merupakan hasil dari mutasi gen AKT1 yang mengatur pertumbuhan sel. Sel menjadi abnormal dan menyebabkan pertumbuhan berlebih. Seseorang yang terkena sindrom ini biasanya memiliki organ dan jaringan yang tumbuh keluar dari proporsi tubuh normal.

Yang terkena bisa bagian tulang, kulit, dan jaringan lain. Tubuh penderita ini akan membesar di beberapa bagian dan terlihat tak seimbang, sehingga sindrom proteus memiliki nama lain sindrom manusia gajah.

Tanda-tanda gangguan ini biasanya baru muncul di usia 6-18 bulan setelah lahir. Sindrom ini dialami satu dari 1 juta orang dan tingkat keparahannya bervariasi dari satu individu ke individu lain.

  • Sindrom ektrodaktili

Sindrom ini membuat penderitanya memiliki tangan seperti kepiting atau lobster. Tangan penderita sindrom ektrodaktili terlihat terbelah di bagian tengah dengan jari-jari yang berbentuk abnormal. Sindrom ini memiliki nama lain split hand atau split foot (bisa terjadi di kaki).

Secara genetik, sindrom ektrodaktili disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penghapusan, translokasi, dan inversi dalam kromosom 7. Sindrom ini terjadi pada satu dari 100 ribu kelahiran hidup. Karena bersifat genetik, sindrom ektrodaktili bisa diturunkan dari orang tua ke anak.

  • Memiliki kepadatan tulang di atas Rata-Rata

Salah satu mutasi gen yang pernah terjadi pada manusia adalah peningkatan kepadatan tulang, di mana hal ini berdampak pada tulang yang sangat padat melebihi tulang normal pada umumnya.

Kondisi ini amat berkaitan dengan LRP5 (low density lipoprotein receptor-related protein 5). Menurut beberapa sumber,  LRP5 ini sangat berperan penting bagi tulang manusia.

Mutasi pada LRP5 dapat terjadi secara dua arah, yakni menyebabkan kerapuhan tulang ekstrem dan kepadatan tulang ekstrem. Pada kasus kepadatan tulang yang ekstrem, tulang akan sangat keras dan sulit untuk dihancurkan.

  • Tak berpengaruh dengan ketiggian tertentu

Ada perbedaan mendasar secara genetik antara manusia yang hidup di dataran rendah dengan manusia yang hidup di dataran tinggi, utamanya dengan ketinggian lebih dari 4000 mdpl. Jika pada manusia umumnya akan mengalami gangguan saat mengalami perpindahan tinggi dengan signifikan, mereka yang gennya bermutasi bisa tidak merasakan kendala apa-apa.

Biasanya, mereka yang “normal” akan merasa pusing dan mengalami gangguan kesehatan lain akibat kekurangan oksigen di dataran tinggi. Kondisi itu biasa disebut dengan accute mountain sickness atau AMS.

Mereka yang “kebal” terhadap kondisi tersebut terjadi karena orang yang telah turun temurun tinggal dan hidup di dataran tinggi dapat beradaptasi dengan baik, karena gen mereka bermutasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Hal ini berkaitan dengan kenyataan dengan kebiasaan yang mengharuskan seorang pendaki gunung harus beraklimatisasi atau menyesuaikan diri dengan tiap-tiap ketinggian agar tak menderita AMS.

***

Itulah beberapa kondisi mutasi gen yang pernah dan kerap terjadi pada manusia. Fenomena tersebut seharusnya bisa menjadi pemicu kita untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan anugerah yang telah diberikan Tuhan.

Categories
Hidup Sehat

Waspada Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Anda

Kecoa memang merupakan jenis hewan yang tidak disukai banyak orang. Sebagian besar orang tidak menyukainya karena merasa jijik. Tahukah Anda, selain menjijikkan, bahaya kecoa juga perlu diwaspadai? Terutama bagi kesehatan Anda.

Bahaya kecoa untuk kesehatan

Selama ini, kecoa mungkin hanya dikaitkan dengan kotor dan jorok. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa selain menjijikkan, kecoa juga membahayakan kesehatan.

Bahaya kecoa memang tidak bersifat langsung. Hewan ini tidak secara langsung menyebabkan penyakit, tetapi dapat membawa banyak agen infeksi yang menimbulkan penyakit. Wajar saja, sebab serangga ini memang pemakan apa saja, termasuk sampah.

Lalu, apa saja bahaya kecoa bagi kesehatan manusia? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

1. Menyebabkan keracunan makanan

Menyebabkan keracunan makanan merupakan salah satu bahaya kecoa bagi kesehatan manusia.

Kecoa dapat bertahan hidup dengan memakan apa saja. Serangga ini kadang memakan makanan yang ada di selokan, tempat sampah, feses, helai rambut yang jatuh, hewan, tanaman mati, dan lain sebagainya. Bayangkan, berapa banyak bakteri dan dan racun yang menempel padanya?

Setidaknya, kecoa dapat membawa bakteri salmonella, staphylococcus, dan streptococcus, dari makanan yang dihinggapi.

Ketika masuk ke dalam rumah, kecoa dapat hinggap pada makanan atau alat makan. Serangga ini dapat membuang kotoran di sana atau menyebarkan bakteri yang menempel padanya. Akibatnya, Anda dapat mengalami keracunan setelah menggunakan alat makan atau memakan makanan yang tercemar tersebut.

2. Masalah pencernaan

Salah satu bahaya kecoa terletak pada air liurnya. Saat serangga ini hinggap pada makanan dan memakannya, mereka mengeluarkan air liur bersama dengan berbagai patogen yang berbahaya bagi kesehatan manusia, khususnya bagi pencernaan manusia.

Diketahui bahwa kecoa membawa sekitar 33 jenis bakteri di tubuhnya. Jenis bakteri yang paling banyak ditemukan adalah E. Coli, Salmonella, 6 jenis cacing parasit, serta 7 jenis patogen lain yang berbahaya.

Selain itu, bakteri Pseudomonas aeruginosa termasuk salah satu bakteri yang berkembang secara ekstensif dalam usus kecoa. Seperti diketahui, bakteri ini dapat menyebabkan kolera, disentri, diare, hingga tipus atau demam tifoid. Tak hanya masalah pencernaan, bakteri ini juga dapat memicu infeksi saluran kemih dan keracunan darah atau sepsis.

3. Memicu alergi

Kecoa juga disebut-sebut sebagai sumber alergen, sebab tubuh, telur, liur, hingga kotoran kecoa dapat memicu reaksi alergi. Beberapa reaksi yang sering muncul adalah bersin, gatal, ruam kulit, mata berair, pembengkakan kelopak mata, hingga gangguan pernapasan serius.

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Obat-obat untuk mengatasi reaksi alergi akan diberikan oleh dokter.

4. Asma

Bagi Anda yang memiliki asma, perlu waspada jika ada kecoa di rumah. Reaksi kekambuhan asma dapat meningkat bila terdapat banyak kecoa.

Alergen yang ada pada kecoa dapat menimbulkan komplikasi parah pada penderita asma. Bahkan, mereka yang tidak memiliki riwayat asma pun dapat mengalami asma ketika terpapar alergen kecoa.

5. Masuk ke dalam tubuh

Dari sekian banyak bahaya kecoa, bahaya yang satu ini termasuk yang membuat ngeri.  Pasalnya, kecoa dapat masuk ke dalam tubuh manusia, seperti masuk ke dalam telinga.

Tak hanya masuk ke dalam telinga, terdapat beberapa kasus di mana kecoa masuk ke dalam mulut dan hidung. Hal ini biasanya terjadi saat Anda tertidur. Ketika kecoa berhasil masuk ke dalam tubuh, maka tubuh Anda akan dirusak dari dalam.

Lindungi diri Anda dari bahaya kecoa dengan selalu menjaga kebersihan rumah, ya!