Category Hidup Sehat

waktu keramas yang tepat

Seberapa Sering Harus Keramas?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa keramas terlalu sering tidak memiliki dampak positif bagi rambut dan kesehatan kulit kepala Anda. Bahkan menurut penata rambut profesional, Anda boleh tidak keramas selama Anda tahan. Mengapa? Karena justru kandungan di dalam shampo bisa mengurangi keindahan rambut Anda.

Cara kerja shampo

Shampo mencegah minyak yang dinamakan sebum, untuk keluar dari kulit kepala Anda. Jadi, semakin sering Anda keramas, rambut akan semakin kering. Lalu bagaimana jika rambut kotor? Kotoran di rambut akibat debu itu sangat wajar. Begitu juga dengan minyak yang keluar dari kulit kepala Anda. Justru sebum ini seharusnya dipertahankan agar rambut tetap lembab. Sebum juga membantu melindungi kulit kepala Anda dari kotoran yang bisa masuk.

Lalu, siapa yang seharusnya keramas setiap hari?

Beberapa kondisi rambut memang membutuhkan Anda untuk membersihkannya setiap hari. Contohnya, Anda yang setiap hari berolahraga dan mengeluarkan keringat. Bagi orang yang memiliki rambut yang sangat halus juga disarankan untuk keramas setiap hari. Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, para ahli juga merekomendasikan Anda untuk keramas setiap hari.

Siapa yang tidak perlu keramas setiap hari?

Jika Anda memiliki rambut yang lebat, Anda tidak perlu keramas setiap hari. Rambut tebal memiliki kandungan sebum yang sedikit jadi rambut akan jarang berminyak. Bagi Anda yang memiliki rambut kering atau rambut keriting alami, Anda tidak akan memiliki masalah rambut berminyak meski jarang keramas.

Berapa hari sekali kita harus keramas?

Setiap orang rata-rata harus keramas setelah dua atau tiga hari. Namun sebenarnya tidak ada aturan pakem yang mengharuskan Anda keramas dua hari sekali. Anda bisa keramas ketika kulit kepala terasa gatal atau terasa berminyak.

Seberapa lama Anda boleh bertahan tanpa keramas?

Jika Anda menggunakan alat pengering rambut, pastikan rambut Anda sudah dikeramasi karena awet tidaknya gaya rambut bergantung pada kebersihan rambut itu sendiri. Perawatan rambut yang Anda gunakan juga berpengaruh pada perlu tidaknya Anda sering keramas. Misal, Anda melakukan perawatan rambut dengan keratin sebelum memakai alat pengering rambut. Maka Anda tidak perlu keramas terlalu sering karena dapat menambah stress pada rambut.

Dari perspektif medis, tidak ada masalah yang berarti ketika seseorang tidak keramas selama satu minggu. Itu semua bergantung pada apa yang Anda rasakan pada kulit kepala dan rambut Anda.

Bagaimana caranya agar tidak sering keramas?

Saat ini ada banyak produk yang memudahkan kita untuk mengurangi rutinitas keramas. Misalnya, bedak tabur untuk kulit kepala yang dapat menyerap kelebihan minyak di kulit dan mencegah rambut lepek. Kondisioner rambut yang berjenis leave-in juga dapat membuat rambut lembab dalam waktu lama.

Antara stigma dan kesehatan

Memberitahu orang lain bahwa Anda jarang keramas akan membuat mereka berasumsi bahwa Anda adalah seseorang yang jorok dan kurang menjaga kebersihan. Namun dengan menyadari bahwa sering keramas membuat rambut jadi tidak sehat – Anda diperbolehkan keramas satu kali seminggu untuk memperoleh rambut yang lebih sehat dan terhindar dari kerusakan.

Read More
tips makan sehat saat liburan

Ini Dia 10 Tips Makan Sehat Saat Liburan

Liburan seringkali menjadi ajang balas dendam termasuk dalam menyantap berbagai jenis makanan. Kue kering saat Natal, makanan bersantan saat lebaran dan aneka menu menarik ketika sedang berlibur ke luar kota. Semuanya terasa menggoda sekaligus berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda.

Seberapa besar pun godaan, penting untuk tetap makan yang bergizi saat liburan. Simak 10 tips berikut ini!

  1. Pertimbangkan Apapun yang Ingin Anda Makan

Sebelum Anda mulai makan, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan bagaimana perasaan Anda. Apakah kamu terburu-buru? Stres? Sedih? Bosan? Lapar? Apa yang Anda inginkan, dan apa kebutuhan Anda? Bedakan antara keduanya.

  • Makan Sambil Duduk

Jangan makan sambil berjalan dan duduklah. Ketika makan sambil melakukan hal lain, Anda cenderung tidak bisa menghitung berapa banyak yang sudah masuk ke dalam perut.

  • Hindari Makan Sambil Menonton TV atau Bermain Gadget

Ini merupakan kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Tahukah Anda ketika waktu makan Anda terdistraksi karena tayangan televisi atau tulisan di gadget, Anda jadi tidak tahu berapa banyak makanan yang Anda santap?

  • Gunakan Porsi untuk Mengukur

Jangan makan langsung dari wadah atau plastik karena Anda jadi tidak bisa mengukur berapa banyak yang Anda habiskan. Makan langsung dari tempat tertutup juga akan membuat Anda tidak bisa melihat jumlahnya dan cenderung jadi tidak terkontrol menyantapnya.

  • Gunakan Piring Kecil

Semakin kecil porsi yang Anda lihat, kemungkinan semakin kecil juga nafsu makan Anda. Menggunakan piring kecil akan membantu Anda mengontrol porsi terutama saat makan di buffet all you can eat.

  • Jangan Lupa Bersyukur

Sebelum mulai makan, ambil waktu Anda untuk merenungi seberapa besar usaha yang dibutuhkan untuk membuat makanan sampai ke piring Anda. Petani, pekerja pabrik hingga koki layak mendapatkan apresiasi.

  • Mengunyah Makanan Sebanyak 30 Kali

Luangkan waktu untuk menikmati rasa dan tekstur di mulut Anda sebelum Anda menelan dengan mengunyahnya baik-baik, setidaknya sebanyak 30 kali. Ini juga dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan memberikan waktu untuk mengirim pesan ke otak bahwa Anda sudah kenyang.

  • Letakkan Alat Makan Setiap Kali Selesai Menyuap

Coba letakkan peralatan Anda setelah setiap gigitan, dan jangan mengambilnya kembali sampai Anda menikmati dan menelan apa yang sudah ada di mulut Anda.

  • Tidak Perlu Menghabiskan Semua yang Ada di Piring

Jika ada sisa makanan di piring, simpan kembali jika bisa. Tidak ada orang yang suka membuang-buang makanan, tapi membuat diri Anda kekenyangan juga tidak ada manfaatnya. Karena itu, ambillah porsi sesuai dengan kemampuan.

  1. Makanlah dengan Tenang

Meskipun jam makan bisa menjadi saat di mana Anda mengobrol dengan keluarga atau rekan kerja, menghabiskan 10 menit pertama dalam ketenangan akan membuat waktu makan menjadi lebih berkualitas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk tetap makan sehat selama liburan.

Read More