Categories
Hidup Sehat

Perbedaan Asam Amino Esensial dan Non Esensial

L-carnitine adalah asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Berbicara mengenai asam amino, salah satu contoh mudah yang sering atau banyak dilakukan orang adalah mengonsumsi beberapa butir telur dalam satu hari. Kebiasaan ini dilakukan karena telur mengandung banyak protein penting untuk membangun otot. Hal itu dikarenakan protein dibandIng oleh asam tersebut dan dibagi menjadi dua esensial dan non esensial.

Tak hanya berperan untuk membangun otot, beberapa komponen penting itu juga diperlukan agar tubuh bisa menjalankan fungsi lain dengan normal. Asam jenis esensial maupun non esensial sama-sama penting untuk tubuh, namun demikian terdapat beberapa hal yang membedakan jenis kedua asam ini.

Perbedaan Asam Amino

Asam ini adalah bahan baku yang digunakan untuk membentuk protein, ketika mengonsumsi makanan yang mengandung protein secara otomatis sistem pencernaan akan memecahnya kembali menjadi asam ini. Pecahan-pecahan asam ini yang nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk menjalankan semua fungsi tubuh.

Semua fungsi dalam tubuh bisa berjalan dengan baik harus membutuhkan 20 jenis asam ini, yang kemudian dikelompokkan menjadi dua jenis, asam yang esensial dan non esensial. Dari jenisnya yang ada, keduanya ini tentu berbeda dan memiliki penjelasan masing-masing. Berikut ini penjelasan mengenai perbedaannya.

  • Non Esensial

Sebanyak 20 jenis yang dibutuhkan oleh tubuh, 11 di antaranya masuk dalam kelompok non esensial, meski disebut demikian bukan berarti jenis asam ini tidak penting bagi tubuh. Diberi nama non esensial karena jenis asam ini bisa diproduksi oleh tubuh, sehingga seseorang tidak perlu susah payah dalam memenuhi kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari, berikut jenisnya.

  • Alanin.
  • Arginin.
  • Asparagin.
  • Asam aspartat.
  • Sistein.
  • Asam Glutamat.
  • Glutamin.
  • Glisin.
  • Prolin.
  • Serin.
  • Tirosin.
  • Esensial

Jenis yang satu ini terdiri dari sembilan asam yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga hal ini memaksa seseorang untuk mengonsumsi asupan tertentu untuk bisa memenuhinya. Berikut ini beberapa jenis asam tersebut, histidin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, treonin, triptofan dan valin.

Manfaat Asam Amino

Asam ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari protein yang merupakan komponen penting untuk tubuh. Komponen ini dikelompokkan sebagai makronutrien dan berperan besar dalam pembentukan otot sekaligus merupakan salah satu bahan utama pembentuk otak, sel saraf, darah, rambut hingga kuku. Masing-masing bagian dari jenis asam ini juga memiliki fungsi dan manfaat untuk tubuh, berikut ini beberapa manfaatnya.

  • Memproduksi energi.
  • Membantu pembentukan kolagen dan elastin yang baik untuk kesehatan kulit dan jaringan ikat.
  • Memiliki peran dalam metabolisme lemak dan sistem pertahanan tubuh.
  • Membantu mengatur kadar gula darah.
  • Mempercepat dimulainya proses penyembuhan luka.
  • Membantu produksi hormon pertumbuhan.
  • Berperan dalam pembentukan histamin yang berguna untuk fungsi seksual serta siklus tidur.

Jika dilihat dari berbagai peran yang dimiliki dan penting untuk tubuh, semua orang wajib mengonsumsi secara cukup jenis asam ini, tak hanya atlet maupun binaraga tetapi semua orang. Agar semua fungsi penting di tubuh berjalan dengan baik, seseorang perlu memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung asam amino esensial dalam menu harian.

Karena jenis non esensial sudah bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, maka manusia hanya tinggal memenuhi kebutuhan jenis esensial. Sejumlah makanan yang menyediakan asam jenis ini di antaranya adalah daging, telur, kacang kedelai, ikan, ayam, biji-bijian dan kacang-kacangan, keju, jamur, sayuran, susu dan gandum menjadi sumber dari asam jenis tersebut.

Categories
Hidup Sehat

Beberapa Kondisi ‘Aneh’ yang Disebabkan oleh Mutasi Gen

Makhluk hidup, utamanya manusia, terlahir dengan serangkaian kode genetika yang rumit. Gen sendiri merupakan sesuatu yang membuat manusia tampak beda satu sama lain. Namun, dalam perkembangannya, gen bisa berubah dan membuat kondisi yang bersangkutan menjadi tidak biasa. Kondisi ini yang disebut mutasi gen.

Mungkin, sebagian dari kita mengenal atau mengetahui mutasi gen dari film-film superhero. Ya, kekuatan super itu memang didapat lewat serangkaian perbuahan (baik disenagaja maupun tidak) genetika. Masalahnya, itu semua hanyalah fiksi hasil rekaan sineas belaka.

Di dunia nyata, meski tidak seheboh di film, ada beberapa kondisi yang tercipta lantaran mutasi gen. Yang cukup terkenal di antaranya:

  • Trimethylaminuria

Mutasi gen membuat seseorang yang mengalami trimethylaminuria memiliki bau badan yang menyengat. Nama lain dari kondisi yang disebabkan oleh mutasi genetika ini adalah fish odor syndrome.

Individu dengan trimethylaminuria dapat berbau seperti ikan busuk, telur busuk, sampah, hingga pesing seperti urin. Bau menyengat itu bersumber dari keringat, urin, napas, dan sekresi tubuh mereka yang lain. Kondisi ini tak pelak membuat penderitanya menjadi kesulitan dalam bersosialisasi.

  • Sindrom proteus

Gangguan ini merupakan hasil dari mutasi gen AKT1 yang mengatur pertumbuhan sel. Sel menjadi abnormal dan menyebabkan pertumbuhan berlebih. Seseorang yang terkena sindrom ini biasanya memiliki organ dan jaringan yang tumbuh keluar dari proporsi tubuh normal.

Yang terkena bisa bagian tulang, kulit, dan jaringan lain. Tubuh penderita ini akan membesar di beberapa bagian dan terlihat tak seimbang, sehingga sindrom proteus memiliki nama lain sindrom manusia gajah.

Tanda-tanda gangguan ini biasanya baru muncul di usia 6-18 bulan setelah lahir. Sindrom ini dialami satu dari 1 juta orang dan tingkat keparahannya bervariasi dari satu individu ke individu lain.

  • Sindrom ektrodaktili

Sindrom ini membuat penderitanya memiliki tangan seperti kepiting atau lobster. Tangan penderita sindrom ektrodaktili terlihat terbelah di bagian tengah dengan jari-jari yang berbentuk abnormal. Sindrom ini memiliki nama lain split hand atau split foot (bisa terjadi di kaki).

Secara genetik, sindrom ektrodaktili disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penghapusan, translokasi, dan inversi dalam kromosom 7. Sindrom ini terjadi pada satu dari 100 ribu kelahiran hidup. Karena bersifat genetik, sindrom ektrodaktili bisa diturunkan dari orang tua ke anak.

  • Memiliki kepadatan tulang di atas Rata-Rata

Salah satu mutasi gen yang pernah terjadi pada manusia adalah peningkatan kepadatan tulang, di mana hal ini berdampak pada tulang yang sangat padat melebihi tulang normal pada umumnya.

Kondisi ini amat berkaitan dengan LRP5 (low density lipoprotein receptor-related protein 5). Menurut beberapa sumber,  LRP5 ini sangat berperan penting bagi tulang manusia.

Mutasi pada LRP5 dapat terjadi secara dua arah, yakni menyebabkan kerapuhan tulang ekstrem dan kepadatan tulang ekstrem. Pada kasus kepadatan tulang yang ekstrem, tulang akan sangat keras dan sulit untuk dihancurkan.

  • Tak berpengaruh dengan ketiggian tertentu

Ada perbedaan mendasar secara genetik antara manusia yang hidup di dataran rendah dengan manusia yang hidup di dataran tinggi, utamanya dengan ketinggian lebih dari 4000 mdpl. Jika pada manusia umumnya akan mengalami gangguan saat mengalami perpindahan tinggi dengan signifikan, mereka yang gennya bermutasi bisa tidak merasakan kendala apa-apa.

Biasanya, mereka yang “normal” akan merasa pusing dan mengalami gangguan kesehatan lain akibat kekurangan oksigen di dataran tinggi. Kondisi itu biasa disebut dengan accute mountain sickness atau AMS.

Mereka yang “kebal” terhadap kondisi tersebut terjadi karena orang yang telah turun temurun tinggal dan hidup di dataran tinggi dapat beradaptasi dengan baik, karena gen mereka bermutasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Hal ini berkaitan dengan kenyataan dengan kebiasaan yang mengharuskan seorang pendaki gunung harus beraklimatisasi atau menyesuaikan diri dengan tiap-tiap ketinggian agar tak menderita AMS.

***

Itulah beberapa kondisi mutasi gen yang pernah dan kerap terjadi pada manusia. Fenomena tersebut seharusnya bisa menjadi pemicu kita untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat dan anugerah yang telah diberikan Tuhan.

Categories
Hidup Sehat

Waspada Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Anda

Kecoa memang merupakan jenis hewan yang tidak disukai banyak orang. Sebagian besar orang tidak menyukainya karena merasa jijik. Tahukah Anda, selain menjijikkan, bahaya kecoa juga perlu diwaspadai? Terutama bagi kesehatan Anda.

Bahaya kecoa untuk kesehatan

Selama ini, kecoa mungkin hanya dikaitkan dengan kotor dan jorok. Tidak banyak orang yang menyadari bahwa selain menjijikkan, kecoa juga membahayakan kesehatan.

Bahaya kecoa memang tidak bersifat langsung. Hewan ini tidak secara langsung menyebabkan penyakit, tetapi dapat membawa banyak agen infeksi yang menimbulkan penyakit. Wajar saja, sebab serangga ini memang pemakan apa saja, termasuk sampah.

Lalu, apa saja bahaya kecoa bagi kesehatan manusia? Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

1. Menyebabkan keracunan makanan

Menyebabkan keracunan makanan merupakan salah satu bahaya kecoa bagi kesehatan manusia.

Kecoa dapat bertahan hidup dengan memakan apa saja. Serangga ini kadang memakan makanan yang ada di selokan, tempat sampah, feses, helai rambut yang jatuh, hewan, tanaman mati, dan lain sebagainya. Bayangkan, berapa banyak bakteri dan dan racun yang menempel padanya?

Setidaknya, kecoa dapat membawa bakteri salmonella, staphylococcus, dan streptococcus, dari makanan yang dihinggapi.

Ketika masuk ke dalam rumah, kecoa dapat hinggap pada makanan atau alat makan. Serangga ini dapat membuang kotoran di sana atau menyebarkan bakteri yang menempel padanya. Akibatnya, Anda dapat mengalami keracunan setelah menggunakan alat makan atau memakan makanan yang tercemar tersebut.

2. Masalah pencernaan

Salah satu bahaya kecoa terletak pada air liurnya. Saat serangga ini hinggap pada makanan dan memakannya, mereka mengeluarkan air liur bersama dengan berbagai patogen yang berbahaya bagi kesehatan manusia, khususnya bagi pencernaan manusia.

Diketahui bahwa kecoa membawa sekitar 33 jenis bakteri di tubuhnya. Jenis bakteri yang paling banyak ditemukan adalah E. Coli, Salmonella, 6 jenis cacing parasit, serta 7 jenis patogen lain yang berbahaya.

Selain itu, bakteri Pseudomonas aeruginosa termasuk salah satu bakteri yang berkembang secara ekstensif dalam usus kecoa. Seperti diketahui, bakteri ini dapat menyebabkan kolera, disentri, diare, hingga tipus atau demam tifoid. Tak hanya masalah pencernaan, bakteri ini juga dapat memicu infeksi saluran kemih dan keracunan darah atau sepsis.

3. Memicu alergi

Kecoa juga disebut-sebut sebagai sumber alergen, sebab tubuh, telur, liur, hingga kotoran kecoa dapat memicu reaksi alergi. Beberapa reaksi yang sering muncul adalah bersin, gatal, ruam kulit, mata berair, pembengkakan kelopak mata, hingga gangguan pernapasan serius.

Untuk mengatasinya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Obat-obat untuk mengatasi reaksi alergi akan diberikan oleh dokter.

4. Asma

Bagi Anda yang memiliki asma, perlu waspada jika ada kecoa di rumah. Reaksi kekambuhan asma dapat meningkat bila terdapat banyak kecoa.

Alergen yang ada pada kecoa dapat menimbulkan komplikasi parah pada penderita asma. Bahkan, mereka yang tidak memiliki riwayat asma pun dapat mengalami asma ketika terpapar alergen kecoa.

5. Masuk ke dalam tubuh

Dari sekian banyak bahaya kecoa, bahaya yang satu ini termasuk yang membuat ngeri.  Pasalnya, kecoa dapat masuk ke dalam tubuh manusia, seperti masuk ke dalam telinga.

Tak hanya masuk ke dalam telinga, terdapat beberapa kasus di mana kecoa masuk ke dalam mulut dan hidung. Hal ini biasanya terjadi saat Anda tertidur. Ketika kecoa berhasil masuk ke dalam tubuh, maka tubuh Anda akan dirusak dari dalam.

Lindungi diri Anda dari bahaya kecoa dengan selalu menjaga kebersihan rumah, ya!

Categories
Hidup Sehat

Alasan Konsumsi Sumber Vitamin B Kompleks Sangat Penting

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin B, yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (asam folat), dan B12 (cobalamin). Masing-masing dari vitamin esensial ini memiliki manfaat dalam fungsi tubuh keseluruhan Anda. Karena vitamin-vitamin ini memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, penting bagi Anda untuk mengonsumsi sumber vitamin B secara rutin dan lengkap.

Konsumsi sumber vitamin B akan menjadi cara Anda dalam menjaga fungsi otak, kadar energi, dan metabolisme sel-sel tubuh. Vitamin B kompleks membantu mencegah infeksi dan mendukung kesehatan sel, pertumbuhan sel darah merah, kadar energi, penglihatan yang baik, fungsi otak yang sehat, pencernaan yang baik, nafsu makan sehat, fungsi saraf, produksi kolesterol dan hormon, serta kesehatan kardiovaskular dan otot. Vitamin B kompleks juga memberikan peran yang berbeda pada pria dan wanita. Pada pria, vitamin B dianggap dapat meningkatkan kadar testosterone, yang mana akan menurun secara alami dengan pertambahan usia. Vitamin B juga akan membantu pria dalam membentuk masa otot dan meningkatkan kekuatan. Sementara itu, pada wanita, vitamin ini pentinig bagi ibu hamil dan menyusui. Vitamin ini membantu perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat bawaan lahir. Selain itu, vitamin B dapat meningkatkan kadar energi, mengatasi mual, dan menurunkan risiko perkembangan preeclampsia.

Berapa banyak Ada membutuhkan vitamin B dalam sehari?

Jumlah asupan harian yang direkomendasikan berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Pada wanita,rekomendasi asupan vitamin B1 dan B2 sebanyak 1,1 mg, B3 14 mg, B5 5 mg, B6 13 mg, B7 30 mcg, B9 400 mcg, dan B12 2,4 mcg. Sementara itu, pada pria, rekomendasi asupan vitamin B1 sebanyak 1,2 mg, B2 dan B6 masing-masing sebanyak 1,3 mg, B3 16 mg, B5 5 mg, B7 30 mcg, B9 400 mcg, dan B 12 sebanyak 2,4 mcg. Orang yang lebih tua dan wanita hamil membutuhkan kadar vitamin B yang lebih tinggi. Dokter dapat menyediakan informasi dosis yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beberapa kondisi gangguan kesehatan tertentu dapat mencegah tubuh Anda untuk dapat menyerap vitamin B dengan baik. Selain itu, Anda perlu konsultasi dengan dokter Anda mengenai asupan sumber vitamin B apabila Anda memiliki penyakit celiac, HIV, penyakit Crohn, ketergantungan alkohol, kondisi ginjal, penyakit radang usus, dan rheumatoid arthritis.

Tanda-tanda kekurangan vitamin B

Kebanyakan orang mendapatkan vitamin ini dari mengonsumsi sumber vitamin B seperti diet yang seimbang. Namun, masih ada kemungkinan untuk kekurangan vitamin ini. Gejala-gejala seperti ruam kulit, kulit bersisik pada bibir, lidah bengkak, lemah, anemia, bingung, depresi, mual, diare, dan konstipasi dapat menjadi tanda Anda kekurangan vitamin B. Apabila Anda menderita gejala-gejala tersebut namun tidak tahu apa penyebabnya, hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan diagnosa, serta perawatan yang tepat.

Apabila Anda kekurangan sumber vitamin B, Anda akan memiliki gejala-gejala yang berbeda-beda tergantung jenis vitamin B apa yang kurang Anda konsumsi. Apabila tidak dirawat dan diobati, kekurangan vitamin B dapat meningkatkan risiko tubuh untuk menderita anemia, gangguan pencernaan, masalah kulit, infeksi, dan peripheral neuropathy. Kekurangan vitamin B12 khususnya, dapat meningkatkan risiko Anda untuk menderita gangguan neuropsychiatric. Sementara itu, bayi yang lahir dari ibu yang kekurangan asam folat saat hamil dapat memiliki risiko cacat bawaan lahir.

Categories
Hidup Sehat

Lawan COVID-19 Dengan Cara Menjaga Imun Tetap Kuat

Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membuat tubuh mampu melawan penyakit berbahaya, seperti COVID-19 yang saat ini sedang menyerang dunia. Cara menjaga imun tersebut dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh dalam malawan patogen berbahaya. Artikel ini akan membahas apa saja yang perlu dilakukan agar tubuh memiliki sistem imun yang sehat dan kuat.

Cukup tidur itu penting

Cara menjaga imun yang pertama adalah dengan mendapatkan tidur berkualitas yang cukup. Tidur dan sistem kekebalan tubuh berhubungan sangat erat. Kualitas tidur yang buruk sering dihubungkan dengan rentannya tubuh seseorang untuk dapat sakit. Pada sebuah studi yang dilakukan pada 164 orang dewasa, mereka yang tidur kurang dari 6 jam sehari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena sakit demam apabila dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih dari 6 jam. Mendapatkan istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh alami Anda. Saat sakit, Anda dianjurkan untuk berisitarahat dengan cukup agar sistem kekebalan tubuh dapat melawan penyakit. Orang dewasa perlu tidur selama 7 jam per hari, sementara anak remaja sekitar 8 hingga 10 jam. Apabila Anda memiliki masalah atau gangguan tidur, cobalah batasi penggunaan komputer atau handphone setidaknya satu jam sebelum waktu tidur karena sinar biru dari layar handphone, TV, dan komputer dapat mengganggu ritme circadian, siklus bangun dan tidur alami Anda. Tips kualitas tidur lain adalah tidur di ruangan yang benar-benar gelap atau menggunakan masker tidur. Selain itu, Anda dianjurkan untuk tidur di waktu yang sama setiap harinya dan berolahragalah dengan teratur.

Makan sayuran utuh

Makanan berbasis tanaman seperti buah, sayur, kacang, biji, dan polong-polongan kaya akan nutrisi dan antioksidan yang akan memberi manfaat kekebalan tubuh dalam melawan patogen berbahaya. Antioksidan yang ada dalam makanan-makanan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan yang melawan senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan saat radikal bebas tersebut menumpuk dalam jumlah yang tinggi. Peradangan kronis juga dihubungkan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker. Sementara itu, kandungan serat yang ada dalam makanan berbasis akan memberi makan microbiome usus, yaitu sebuah komunitas bakteri baik yang ada di dalam usus. Microbiome usus yang sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah patogen berbahaya masuk ke dalam saluran pencernaan. Selain itu, buah dan sayuran mengandung nutrisi seperti vitamin C yang melimpah, sehigga dapat mempercepat penyembuhan saat Anda sakit.

Batasi konsumsi gula tambahan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa gula tambahan dan karbohidrat olahan dapat berkontribusi terhadap obesitas dan penambahan berat badan pada mereka yang sering mengonsumsinya. Obesitas dapat meningkatkan risiko Anda untuk mudah sakit. Sebuah studi observasi yang dilakukan pada 1000 orang (dengan mereka yang menderita obesitas diberikan vaksin flu) masih tetap berisiko menderita sakit flu dibandingkan dengan mereka yang tidak obesitas. Membatasi asupan gula tambahan merupakan cara menjaga imun yang baik, sekaligus dapat membantu mengurangi berat badan.

Cara menjaga imun di atas tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda menjadi kuat untuk melawan patogen berbahaya, tetapi juga dapat menjaga tubuh dari beberapa penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Penting pula bagi Anda untuk rutin berolahraga setidaknya beberapa menit setiap harinya agar tubuh sehat terhindar dari penyakit.

Categories
Hidup Sehat

Alasan di Balik Laris Manisnya Produk Skincare Korea

Bukan hanya musik dan drama Korea Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Budaya Korea lain yang beberapa tahun ini turut digandrungi adalah penggunaan produk-produk perawatan wajah atau skincare Korea. Pertumbuhan penjualan produk-produk skincare Korea bahkan merupakan yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik pada 2018, mencapai 18% dalam setahun. Jauh mengungguli skincare China yang pada waktu yang sama hanya tumbuh sekitar 13%.

Lakunya berbagai produk skincare Korea yang mengerek juga pertumbuhannya tak lepas dari tingginya animo masyarakat terkait produk-produk perawatan asal Negeri Gingseng, termasuk masyarakat Indonesia.

Ada beberapa pendapat yang melihat lakunya produk skincare Korea di masyarakat karena terpengaruh akan kecantikan pemeran-pemeran di drama Korea. Namun sebenarnya, laris manisnya berbagai produk perawatan kecantikan dari Korea tak lain karena skincare asal negara tersebut memiliki keunggulan berbagai berikut dibanding produk dari skincare produksi negara lain.

Berfokus pada pencegahan

Umumnya beragam produk perawatan wajah yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan berbagai negara selalu menjanjikan untuk bisa mengembalikan kulit yang rusak dan bermasalah menjadi mulus lagi. Tapi, berbeda dengan fokus yang dilakukan oleh produsen skincare Korea. Alih-alih berfokus memperbaiki wajah, produk-produk perawatan wajah asal Negeri Gingseng justru berkonsentrasi pada pencegahan agar kulit Anda bisa selalu mulus dan terhindar dari masalah kerusakaan sampai penuaan. Hal ini menjadi penarik karena membuat pembeli produk Korea bukan lagi mengacu pada usia mapan, melainkan mulai dari remaja sampai orang tua.

Gunakan bahan natural unik

Produk-produk perawatan wajah dari Korea Selatan mengandalkan bahan-bahan natural dalam proses pembuatannya. Tidak hanya diambil dari alih, bahan-bahan tersebut dipastikan berkualitas tinggi sehingga mampu menghasilkan produk skincare terbaik. Tak jarang Anda akan mengernyitkan dahi ketika mengetahui komposisi dari produk skincare Korea karena tak jarang bahan pembuatnya cukup unik, seperti minyak kuda, lendir siput, bahkan racun lebah. Meskipun demikian, berbagai bahan pembuatan skincare tersebut dipastikan telah teruji klinis manfaatnya.

Sebagian besar berharga terjangkau

Produk-produk perawatan wajah dulunya dikenal sebagai produk yang menghabiskan isi dompet karena harganya yang selangit. Namun, Korea telah mampu mengubah pandangan tersebut. Tetap menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, nyatanya harga berbagai jenis skincare Korea cukup terjangkau sehingga memperluas jangkau pasar yang bisa membelinya. Beberapa merek skincare Korea memang harganya lebih tinggi daripada rata-rata, namun tetap lebih murah dibandingkan produk skincare dari negara lain dengan kualitas yang sama.

Inovatif kembangkan produk baru

Terus lakunya skincare Korea di pasaran karena produsen perusahaan kecantikan di negeri tersebut tidak pernah berhenti berinovasi. Setelah sukses dengan satu produk, beberapa bulan kemudian ada produk baru yang lain. Inovasi produk yang terus mengalir ini yang jarang dijumpai oleh produk skincare dari negara lain. Namun bukan berarti dengan adanya inovasi, produk sebelumnya menjadi tidak laris. Buktinya inovasi cushion foundation asalKorea yang diluncurkan sekitar tahun 2011 masih tetap populer sampai saat ini.

Ragamkan pilihan sesuai kebutuhan

Produsen-produsen Korea Selatan tampak mengerti benar bahwa kebutuhan tiap orang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Karena itu, jangan heran jika untuk satu produk skincare Korea dari satu perusahaan misalnya, Anda bisa mendapati berbagai ragam pilihan produk. Jenis pilihan tersebut biasanya disesuaikan untuk jenis-jenis kulit, mulai dari kulit normal, kering, berminyak, sampai sensitif. Alhasil, Anda bisa mendapatkan produk skincare terbaik untuk kebutuhan kulit Anda. Hal inilah yang kadang-kadang abai dilakukan oleh produsen perawatan wajah dari negara lain.

*** Anda sendiri sudah menjadi pelanggan berbagai produk skincare Korea belum? Kira-kira alasan Anda termasuk yang mana nih?

Categories
Hidup Sehat

Susu Peninggi Badan, Benarkah Berkhasiat?

Susu yang memiliki manfaat bagi tulang sering dihubungkan dengan penambahan tinggi badan. Berseliweran pula iklan susu yang memberikan klaim sebagai susu peninggi badan. Pertanyaannya, benarkah?

Sebenarnya, tinggi badan seseorang 60-80% dipengaruhi oleh gen. Seseorang yang terlahir dari orang tua dengan postur tinggi, kemungkinan akan memiliki postur tubuh yang juga tinggi, begitu pula sebaliknya.

Apakah susu peninggi badan benar-benar dapat meninggikan badan?

Bila faktor utama dari tinggi badan seseorang adalah keturunan, lalu benarkah susu peninggi badan berkhasiat dalam menambah tinggi badan seseorang?

Karena faktor genetik hanya berpengaruh sekitar 60-80%, maka terdapat 20-40% faktor lain yang memengaruhi pertumbuhan tulang, salah satunya faktor nutrisi. Mengonsumsi susu peninggi badan termasuk ke dalam faktor yang satu ini. Artinya, dengan minum susu serta pemberian nutrisi lainnya, Anda dapat memaksimalkan potensi tinggi badan yang Anda miliki.

Perlu diketahui, susu peninggi badan yang beredar di pasaran pada dasarnya merupakan susu sapi. Layaknya susu sapi lain, susu peninggi badan juga kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral, protein, lemak, hingga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa susu peninggi badan memang memiliki kandungan khusus. Setiap merek memiliki kandungan khusus yang berbeda satu dengan lainnya, tergantung komposisi yang ditambahkan serta cara pengolahan.

Nah, menurut penelitian yang dilakukan di University of Bristol, Inggris, konsumsi susu sapi memang dapat membuat tulang kaki tumbuh lebih panjang. Hal ini terkait dengan protein yang terkandung di dalam susu sapi. Terdapat protein lengkap yang mengandung 9 jenis asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tubuh agar dapat tumbuh secara optimal.

Kandungan protein susu sapi didominasi oleh casein dan whey protein. Keduanya termasuk protein berkualitas tinggi yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

Pada susu peninggi badan, umumnya ditambahkan ragam mineral yang dibutuhkan oleh tulang, antara lain kalsium, kalium, serta fosfor. Mineral-mineral tersebut memegang peran penting yang membentuk kekuatan tulang. Sehingga konsumsi susu tersebut bukan hanya dapat mengoptimalkan pertumbuhan, melainkan juga menguatkan tulang.

Cara lain meninggikan badan

Mengonsumsi susu peninggi badan memang dapat membantu mengoptimalkan tinggi badan seseorang. Tapi, bagaimana dengan orang yang memiliki intoleransi laktosa dan ingin tinggi badannya lebih optimal?

Susu peninggi badan jelas bukanlah pilihan bagi orang yang mengidap intoleransi laktosa. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengoptimalkan potensi tinggi badan Anda. Masih ada cara-cara lain yang dapat dilakukan, diantaranya:

– Konsumsi makanan yang kaya protein

Selain susu, masih ada ragam makanan lain yang dapat menjadi sumber protein. Telur, daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, atau bahkan susu yang berasal dari tumbuhan, seperti susu kedelai atau susu almon.

– Perbanyak asupan vitamin D dan kalsium

Jenis makanan yang kaya akan pro vitamin D dan kalsium sangat beragam. Mulai dari sayur, seperti bayam, hingga oatmeal atau sereal. Selain itu, kalsium dan vitamin D juga dapat diperoleh dari ikan sarden, salmon, hati sapi, serta kuning telur.

Namun, perlu diingat vitamin D dibentuk di dalam tubuh dengan adanya sinar matahari. Asupan nutrisi yang masuk masih dalam bentuk pro vitamin D. Sehingga untuk mengoptimalkan suplai vitamin D, berjemurlah pada pagi hari secara rutin atau Anda dapat memanfaatkannya sambil berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

Selebihnya, tentu Anda perlu menjaga pola hidup sehat. Tidak merokok dan rutin berolahraga misalnya. Sebab perlu diakui, konsumsi susu peninggi badan atau makanan tertentu saja sering kali tidak cukup.

Categories
Hidup Sehat

Fidget Spinner, Mainan Yang Memiliki Manfaat

Fidget spinner adalah perangkat bantalan bola kecil yang dapat diputar pengguna di antara jari-jarinya. Momentum mainan ini memberikan pengalaman sensoris yang menyenangkan dan menjadi mainan yang cukup terkenal pada tahun 2017. Mainan ini pun diklaim memiliki beberapa kemungkinan manfaat terapi bagi penggunanya.

Bermain fidget spinner dapat menempati bagian otak Anda yang sebelumnya akan mengganggu sisa otak Anda dengan pikiran acak. Selain itu, dapat mencegah pikiran Anda untuk disibukkan oleh pikiran obsesif dan tidak sehat seperti apa arti hidup, apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, mengapa Anda tidak lebih menarik, mengapa orang lain tampak lebih sukses di Facebook daripada Anda dan sebagainya.

Kemungkinan lain adalah bahwa gerakan tubuh sebenarnya adalah bagian dari proses Anda berpikir dan berekspresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan fisik dalam banyak hal dapat membantu Anda dengan aktivitas kognitif seperti mencoret-coret dengan berpikir dan menuliskan sesuatu dengan mengingat. Karena itu, bermain fidget spinner dapat membantu Anda berpikir dan mengekspresikan diri.

Lalu apa saja manfaat fidget spinner?

  • Distraksi Anda dari perenungan

Salah satu alasan potensial bahwa fidget spinner menjadi penghilang stres adalah melalui kapasitas mereka untuk mengalihkan Anda dari perenungan tentang hal-hal yang Anda anggap sebagai stres.

  • Efek meditatif

Perhatian dan meditasi telah terbukti memiliki efek positif yang signifikan terhadap stres, baik stres sehari-hari maupun bentuk stres yang lebih serius. Fidget spinner memiliki kapasitas untuk menjadi objek fokus yang baik untuk meditasi perhatian, khususnya bagi Anda yang tidak biasa melakukan meditasi.

  • Gerakan dan ADHD

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak yang memiliki ADHD sering mendapat manfaat dari gerakan dan merasa lebih fokus setelah diizinkan untuk menggerakkan kelompok otot besar mereka. Oleh karena itu, bermain fidget spinner memiliki manfaat gerakan yang dapat melayani fungsi serupa.

Terapis okupasi sering menggunakan mainan sensorik seperti cakram taktil, bola Koosh dan bahkan dempul atau tanah liat untuk menenangkan anak-anak yang memiliki masalah pemrosesan sensorik. Demikian pula, penelitian telah menunjukkan bahwa gerakan dapat membantu anak-anak dengan ADHD untuk fokus.

  • Sebagai mini-ritual yang dapat membantu menghilangkan stress

Perilaku berulang dapat memberikan kesinambungan dan gangguan yang menghibur bagi individu yang sedang merasa stress atau tertekan. Menggunakan fidget spinner, berfungsi seperti mini-meditasi atau ritual lainnya, yang dapat memberikan kenyamanan bagi individu yang sedang merasa stress tersebut.

  • Normalisasi bagi anak berkebutuhan

Salah satu manfaat anekdotal dari fidget spinner adalah bahwa hal itu menormalkan beberapa perilaku yang banyak anak, terutama pada spektrum autisme, sulit untuk dihentikan tetapi juga tidak dimiliki oleh anak-anak lain di lingkungannya.

Dengan fidget spinner, kebutuhan untuk bergerak berhenti dilihat sebagai sesuatu yang membuat anak-anak ini berbeda dan membuat mereka merasa “berbeda,” dan lebih banyak hal yang dilakukan semua orang, sebuah tren yang sedang mereka jalani, yang memberikan kenyamanan sosial bagi banyak orang yang hanya berusaha menyesuaikan diri dengan teman sebaya mereka.

Fidget spinner memang memiliki manfaat dalam membantu Anda mengurangi rasa stress, namun sayangnya tidak ada studi ilmiah yang membenarkan klaim kesehatan tertentu mengenai fidget spinner. Oleh karena itu, Anda tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu mengenai manfaat terapi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Categories
Hidup Sehat

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat manggis dikenal baik bagi kesehatan, mulai dari bagian daging buahnya, biji hingga kulit buah manggis dikenal memiliki efek yang baik buat tubuh. Buah manggis sering dijuluki sebagai ratunya buah, karena jenis buah ini eksotik yang berasal dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Indonesia

Dibalik rasa manggis yang segar, terkandung nutrisi, serat dan antioksidan untuk yang bermanfaat untuk ibu hamil. Buah-buahan pada umumnya merupakan bagian diet yang dianjurkan untuk ibu hamil, tidak terkecuali manggis yang dipercaya mengandung antibiotik dan antivirus

Ini manfaat manggis untuk kesehatan ibu hamil:

  • Melancarkan pencernaan

Buat ibu hamil yang kerap bermasalah dengan pencernaan, Anda bisa makan buah manggis untuk menyehatkan sistem pencernaan. Buah manggis juga bisa memicu aktivitas bakteri baik di dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang menderita diare atau terkena infeksi saluran kantung kemih.

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat manggis untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sistem imun, sedangkan vitamin C mampu mengoptimalkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Sifat antibakteri yang terdapat pada buah menggis juga mampu melawan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak sampaik ke janin. Meski demikian, manfaat manggis masih perlu diteliti lebih dalam.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Beberapa ibu hamil tidak jarang mengalami diabetes gestasional atau diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan. Mengonsumsi manggis dipercaya dapat menurunkan risiko ini karena kandungan antioksidan pada buah manggis yang bernama xanthone. Kandungan serat pada manggis bisa mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin.

  • Menyehatkan janin

Manfaat buah manggis bukan hanya akan dirasakan oleh ibu hamil, melainkan juga pada bayi yang dikandungnya. Salah satu kandungan buah manggis adalah folat yang dapat mencegah kelainan bawaan, seperti kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Namun, Anda tetap harus minum suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat selama masa kehamilan. Selain folat, buah manggis juga mengandung mangan, nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan sistem tulang pada janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel pada janin.

Untuk mendapatkan manfaat manggis untuk ibu hamil tidak sulit, Anda cukup mengonsumsinya dalam bentuk segar. Namun, Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi si ratu buah ini.

Seperti halnya buah lain, tetap ada kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi setelah makan buah manggis yang biasanya ditandai dengan rasa gatal di lidah atau sekitar mulut. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga dapat bereaksi pada ibu hamil yang juga tengah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi.

Categories
Hidup Sehat

Rumah Sakit Sardjito Siap Tangani Pasien Coronavirus

Dengan merabaknya virus corona di Wuhan, Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta siap merawat dan menangani kemungkinan adanya penderita yang terkena virus tersebut. Menurut Banu Hermawan, selaku Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, pihaknya telah menyediakan lebih dari 200 petugas medis khusus yang akan bertugas dalam menangani para pasien yang terjangkit virus-virus berbahaya, seperti coronavirus. Simulasi dan pelatihan yang dilakukan pada pertengahan bulan Januari ini pun telah diadakan, dan diikuti oleh seluruh petugas kesehatan, karyawan, bahkan pihak direksi turut serta dalam pelatihan tersebut. Menurut Banu, pihak Rumah Sakit Sardjito sudah mengantisipasi penyakit tersebut sebelum kasus muncul di Yogyakarta. Sehingga simulasi dan pelatihan sangat diperlukan agar ketika kasus benar-benar ditemukan, pihak Rumah Sakit Sardjito sudah siap dalam hal penanganan medis.

Banu Hermawan juga menambahkan bahwa dengan simulasi dan pelatihan tersebut, para petugas medis dan dokter Rumah Sakit Sardjito yang bekerja di ruang isolasi akan dapat melindungi diri dari penularan dan paparan coronavirus dan penyakit lain yang dapat ditularkan lewat udara atau biasa disebut dengan “airborn disease”. Proteksi diri tersebut akan dilakukan dengan kewajiban menggunakan alat pelindung diri seperti masker, penutup kepala, pakaian pelindung, dan juga pelindung mata. Selain itu, para petugas medis yang akan bekerja di ruang isolasi juga harus paham bagaimana cara menyentuh dan merawat para pasien yang terkena virus corona atau virus berbahaya lainnya.

Untuk mendukung kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut, pihak Rumah Sakit Sardjito juga telah menyiapkan fasilitas pendukung serpeti alat-alat kedokteran berteknologi modern serta canggih dan juga 87 kamar isolasi yang dikhususkan untuk pasien yang positif terjangkit virus corona ataupun yang masih dalam dugaan terkena penyakit tersebut. Kata Banu, ruangan isolasi yang telah disiapkan di Rumah Sakit Sardjito memiliki fitur tekanan udara negatif. Ini berarti, ruang isolasi tersebut dapat mencegah penyakit atau virus ke luar ruangan atau pun tersebar melalui udara. Bani pun menambahkan, bahwa dari 87 kamar isolasi yang telah disediakan, akan ada satu ruangan yang disediakan khusus bagi pasien yang infeksius. Sementara itu, ruangan-ruangan lain akan tersebar di beberapa bangsal, mulai dari yang ada di ring satu hingga bangsal yang berlokasi di ring tiga.

Hal tersebut diamini oleh dr Darwito selaku Direktur Utama Rumah Sakit Sardjito. RSUP Sardjito telah siap dalam menghadapi berbagai jenis penyakit yang dapat ditularkan melalui udara dan siap menyediakan pelayanan kesehatan yang optimal serta menyeluruh. Darwito juga menambahkan bahwa Rumah Sakit Sardjito sudah melakukan koordinasi dengan pihak bandara di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Bandara akan menjadi pintu masuk datangnya para wisatawan. Ketika ditemukan ada wisatawan yang kemungkinan membawa virus corona, pihaknya telah menyediakan ambulasn di bandara.

Rumah Sakit Sardjito memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang penanganan virus-virus berbahaya. Ini dibuktikan dengan kemampuan RSUP Sardjito dalam menangani kasus SARS pada tahun 2013 silam. Berkat pengalaman yang didapatkan dari wabah tersebut, para pekerja medis Rumah Sakit Sardjito sudah paham betul alur penanganan medis untuk kasus-kasus serupa. Selain itu, sebagai salah satu rumah sakit rujukan, Rumah Sakit Sardjito juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta serta Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Yogyakarta agar dapat mencegah masuknya virus tersebut dari luar negeri.