Categories
Hidup Sehat

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat manggis dikenal baik bagi kesehatan, mulai dari bagian daging buahnya, biji hingga kulit buah manggis dikenal memiliki efek yang baik buat tubuh. Buah manggis sering dijuluki sebagai ratunya buah, karena jenis buah ini eksotik yang berasal dari Asia Tenggara dan banyak dibudidayakan di Indonesia

Dibalik rasa manggis yang segar, terkandung nutrisi, serat dan antioksidan untuk yang bermanfaat untuk ibu hamil. Buah-buahan pada umumnya merupakan bagian diet yang dianjurkan untuk ibu hamil, tidak terkecuali manggis yang dipercaya mengandung antibiotik dan antivirus

Ini manfaat manggis untuk kesehatan ibu hamil:

  • Melancarkan pencernaan

Buat ibu hamil yang kerap bermasalah dengan pencernaan, Anda bisa makan buah manggis untuk menyehatkan sistem pencernaan. Buah manggis juga bisa memicu aktivitas bakteri baik di dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang menderita diare atau terkena infeksi saluran kantung kemih.

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat manggis untuk ibu hamil ini didapat dari kandungan serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Serat merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam sistem imun, sedangkan vitamin C mampu mengoptimalkan kinerja sel-sel yang mendukung sistem imun di dalam tubuh.

Sifat antibakteri yang terdapat pada buah menggis juga mampu melawan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh, sehingga tidak sampaik ke janin. Meski demikian, manfaat manggis masih perlu diteliti lebih dalam.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Beberapa ibu hamil tidak jarang mengalami diabetes gestasional atau diabetes yang hanya terjadi selama masa kehamilan. Mengonsumsi manggis dipercaya dapat menurunkan risiko ini karena kandungan antioksidan pada buah manggis yang bernama xanthone. Kandungan serat pada manggis bisa mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kemungkinan terjadinya resistensi insulin.

  • Menyehatkan janin

Manfaat buah manggis bukan hanya akan dirasakan oleh ibu hamil, melainkan juga pada bayi yang dikandungnya. Salah satu kandungan buah manggis adalah folat yang dapat mencegah kelainan bawaan, seperti kelainan otak dan sumsum tulang belakang.

Namun, Anda tetap harus minum suplemen asam folat untuk mencukupi kebutuhan folat selama masa kehamilan. Selain folat, buah manggis juga mengandung mangan, nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan sistem tulang pada janin. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga berfungsi mencegah terjadinya kerusakan sel pada janin.

Untuk mendapatkan manfaat manggis untuk ibu hamil tidak sulit, Anda cukup mengonsumsinya dalam bentuk segar. Namun, Anda tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi si ratu buah ini.

Seperti halnya buah lain, tetap ada kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi setelah makan buah manggis yang biasanya ditandai dengan rasa gatal di lidah atau sekitar mulut. Selain itu, kandungan antioksidan dalam buah manggis juga dapat bereaksi pada ibu hamil yang juga tengah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *