Categories
Penyakit

Obat Saraf Kejepit Apa Yang Dapat Meredakan Nyeri?

Obat syaraf kejepit sangat beragam, mulai dari suntikan steroid hingga obat antidepresan.

Banyak orang yang sering mengalami saraf kejepit sehingga perlu ditangani dengan obat untuk meredakan nyeri yang terjadi pada tubuh. Saraf kejepit merupakan kondisi ketika saraf menerima banyak tekanan dari tulang, kartilago (tulang rawan), otot, bahkan tendon. Tekanan tersebut menyebabkan nyeri, kesemutan, bahkan mati rasa. Orang-orang perlu menggunakan obat saraf kejepit untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Saraf kejepit terjadi disebabkan oleh cedera, radang sendi pada pergelangan tangan, kegemukan, kegiatan atau hobi yang dilakukan secara berlebihan, dan pekerjaan berat yang dilakukan secara terus menerus. Obat saraf kejepit dapat mencegah terjadinya gangguan pada saraf.

Obat Saraf Kejepit

Kerusakan yang terjadi oleh saraf kejepit bervariasi, bisa ringan atau berat. Tidak hanya itu, saraf kejepit juga mengakibatkan rasa sakit dalam jangka pendek atau jangka panjang. Jika Anda mengalami hal serupa, Anda tidak perlu khawatir, karena ada berbagai pengobatan yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Obat saraf kejepit dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Kortikosteroid oral

Anda dapat konsumsi obat saraf kejepit kortikosteroid oral untuk meredakan nyeri atau pembengkakan pada tubuh. Obat saraf kejepit kortikosteroid yang diresepkan dokter mengandung kortison, hidrokortison, dan prednison.

Tidak hanya terdapat kandungan tersebut, obat saraf kejepit kortikosteroid juga dapat digunakan dalam bentuk krim, suntikan, inhaler, atau intranasal. Namun dokter meresepkan obat tersebut dalam bentuk tablet, kapsul, atau sirup.

  • Nonsteroid antiinflamasi

Obat saraf kejepit nonsteroid antiinflamasi (NSAID) meliputi ibuprofen, aspirin, dan naproxen. Obat tersebut dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri atau pembengkakan pada tubuh. Obat saraf kejepit nonsteroid antiinflamasi dapat diperoleh melalui resep dokter.

  • Suntikan steroid

Cara lain yang dapat dilakukan untuk meredakan saraf kejepit adalah dengan suntikan steroid. Suntikan steroid mampu meredakan pembengkakan pada tubuh dan menyembuhkan saraf-saraf yang mengalami peradangan.

  • Narkotika

Narkotika merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya saraf kejepit. Obat narkotika juga dapat diresepkan oleh dokter untuk meredakan rasa nyeri yang parah, namun penggunaannya hanya dalam waktu singkat.

Obat narkotika bekerja dengan reseptor rasa sakit yang dialami pada bagian otak agar dapat menghilangkan rasa nyeri yang menjadi gejala utama saraf kejepit.

  • Antikonvulsan

Obat antikonvulsan atau obat antikejang merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk mencegah rasa nyeri pada tubuh akibat kerusakan saraf. Penggunaan obat antikonvulsan berlaku pada orang yang menderita epilepsi.

Anda bisa mendapatkan obat antikonvulsan melalui resep dokter. Di sisi lain, orang-orang percaya bahwa mereka menggunakan obat antikonvulsan berupa gabapentin atau pregabalin untuk mencegah nyeri akibat kerusakan saraf.

  • Antidepresan

Obat antidepresan adalah salah satu obat yang dapat digunakan jika Anda mengalami saraf kejepit. Obat antidepresan tidak hanya untuk mencegah depresi, namun juga untuk mencegah kerusakan saraf pada tubuh.

Contoh obat antidepresan yang dapat digunakan adalah amitriptyline, nortriptyline, doxepin, dan desipramine. Anda juga dapat menggunakan obat antidepresan melalui resep dokter.

  • Alat penyangga

Alat penyangga dapat digunakan bagi orang yang mengalami bagian tubuh seperti tangan yang tidak dapat digerakkan, yang disebabkan oleh saraf kejepit. Dokter akan membantu orang meredakan masalah ini dengan alat penyangga supaya otot dapat beristirahat.

  • Terapi fisik

Terapi fisik juga dapat dilakukan bagi orang yang mengalami saraf kejepit agar dapat mencegah nyeri pada tubuh. Tidak hanya itu, terapi fisik juga dapat membantu orang-orang meregangkan dan memperkuat otot mereka.

  • Operasi

Jika cara di atas tidak efektif, maka seseorang perlu menjalankan operasi untuk menghilangkan tekanan pada saraf dan memberikan ruang untuk saraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *