Categories
Hidup Sehat

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kulit Kepala

Jerawat di kulit kepala bisa muncul tiba-tiba tanpa Anda sadari. Jika jerawat di wajah bisa terlihat ketika bercermin, jerawat di kulit kepala tidak bisa dilihat dengan jelas. Tanda yang sering dipakai yaitu muncul benjolan yang terasa perih ketika menyisir rambut. Apa saja sih sebenarnya penyebab jerawat di kulit kepala? Serta bagaimana cara mengatasinya dengan aman dan benar? Simak penjelasan lengkapnya. 

jerawat di kulit kepala

Penyebab jerawat di kulit kepala

Penyebab umum munculnya jerawat di kulit adalah karena pori-pori tersumbat oleh minyak.Penyebab khususnya bisa sangat banyak. Jerawat di kulit kepala bisa muncul karena berbagai hal berikut ini. Pertama, kelenjar minyak terlalu aktif. Beberapa faktor berpengaruh pada kelenjar minyak ini seperti tingkat stres, keturunan, hormon yang kurang seimbang, serta pola makan yang buruk. Kedua, sisa produk perawatan rambut terjebak di kulit kepala. Ketiga, rambut dan kulit kepala kotor sehingga membuat sel kulit mati menumpuk dan memunculkan jerawat.

Cara mengatasi jerawat di kulit kepala

Ada banyak pilihan dalam mengatasi jerawat di kulit kepala. Anda bisa menggunakan satu cara saja, atau banyak sekaligus. Selama mendapatkan rekomendasi dari dokter, cara mana pun tentunya aman untuk diaplikasikan. Berikut ini beberapa cara yang ampuh menghilangkan jerawat di kulit kepala.

  1. Keramas menggunakan sampo antibakteri

Jerawat di kulit kepala bisa diatasi dengan menggunakan sampo antibakteri. Gunakan rekomendasi dari dokter untuk memilih jenis sampo bakteri yang akan digunakan. Kulit kepala Anda belum tentu cocok dengan semua sampo antibakteri yang di jual di pasaran. Jika sudah menemukan produk yang dirasa tepat, gunakan untuk keramas secara menyeluruh pada kepala. Ketika keramas, diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Hal ini bertujuan agar sampo menyerap ke seluruh kulit kepala sehingga bisa bekerja maksimal membasmi jerawat. Pastikan pula Anda membilas dengan bersih.

  • Gunakan minyak khusus

Menggunakan minyak khusus juga bisa menjadi cara untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Minyak yang bisa Anda gunakan yaitu tea tree dan jojoba. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Tea tree berfungsi untuk membasmi bakteri penyebab jerawat di kulit kepala. Jojoba berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit akibat jerawat di kulit kepala.

  • Oleskan salep antibiotik

Anda juga bisa menggunakan salep antibiotik untuk mengatasi jerawat di kulit kepala. Anda bisa mengunjungi dokter untuk mendapat resep salep antibiotik. Selain berbentuk salep, terdapat juga antibiotik minum yang sama efektifnya untuk membasmi jerawat di kulit kepala.

  • Minum antihistamin

Jerawat pada kulit kepala bisa saja disebabkan karena iritasi terhadap benda atau zat tertentu. Iritasi ini umumnya disebabkan oleh kulit yang alergi terhadap benda atau zat tertentu misalnya produk perawatan rambut tertentu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi antihistamin yang berfungsi untuk mengatasi alergi.

  • Minum isotretinoin

Jenis jerawat yang parah akan coba diatasi dengan pemberian isotretinoin. Obat ini dikonsumsi dengan cara ditelan, dan harus menggunakan resep dokter. Isotretinoin merupakan obat yang berfungsi mengurangi produksi minyak di kulit. Jerawat jenis nodul dan jerawat batu merupakan golongan yang cukup sulit diatasi sehingga biasanya diberikan isotretinoin. Jerawat di kulit kepala memang bukan kondisi medis serius. Namun Anda tetap harus waspada untuk kondisi medis lain yang lebih parah. Apabila semua cara di atas sudah dicoba namun jerawat di kulit kepala tak kunjung sembuh, Anda wajib untuk menghubungi dokter. Jerawat di kulit kepala bisa saja merupakan tanda kondisi yang lebih serius. Seperti kanker kulit, abses yang dalam, atau kista kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *