Categories
Hidup Sehat

Seberapa Amankah Prosedur Annuloplasty?

Pada pasien kelainan jantung, sebuah prosedur bedah dilakukan untuk menguatkan katup jantung. Prosedur ini dinamakan annuloplasty, yang melibatkan pemasangan cincin (annulus) di katup jantung. 

Seiring waktu, cincin akan berubah bentuk menjadi lebar yang terjadi akibat pembesaran jantung atau jantung bocor. Annuloplasty juga berguna untuk memperbaiki bentuk cincin tersebut agar kembali seperti semula.

Siapa yang memerlukan annuloplasty?

Annuloplasty diperlukan bagi pasien dengan jantung yang bocor. Operasi ini juga dilakukan jika cincin yang mengelilingi salah satu katup jantung melebar dan berubah posisi dari asalnya. 

Jika tidak ditangani dengan cepat, perubahan pada annulus akan menyebabkan komplikasi atau mengganggu fungsi katup.

Meskipun begitu tak semua pasien katup jantung bisa mendapatkan prosedur ini. Untuk pasien dengan kerusakan katup yang parah, dokter mungkin akan mempertimbangkan prosedur lain selain annuloplasty.

Bagaimana prosedur dilakukan?

Annuloplasty dilakukan oleh dokter ahli bedah jantung dan ahli anestesi umum. Teknik annuloplasty setiap dokter berbeda-beda. Dokter akan memilih teknik yang pas untuk meminimalisir risiko atau komplikasi yang dapat terjadi. 

Mula-mula, dokter akan mengukur ukuran cincin (annulus). Cincin terbuat dari bahan silikon atau logam yang dilapisi kain, dengan ukuran, bentuk, dan fleksibilitas yang berbeda-beda. 

Pada pasien dengan penyakit degeneratif dan disfungsi tipe II biasanya akan menerima cincin dalam berukuran antara 32 hingga 40 mm. Sedangkan pasien dengan disfungsi tipe IIIB akibat penyakit iskemik atau kardiomiopati akan menerima cincin yang jauh lebih kecil, yakni 24 hingga 30 mm.

Kemudian dokter akan menjahit cincin ke katup menggunakan pita atau tali. Cincin dan tali annuloplasty mengandung penanda radiopak agar bisa tampak ketika pasien melakukan x-ray.  

Tak jarang annuloplasty dikombinasikan dengan prosedur perbaikan katup lainnya. Selama proses bedah, dokter juga mungkin perlu memperbaiki jaringan selebaran, menghilangkan timbunan kalsium, atau memperbaiki tali pengikat yang mengontrol gerakan dari selebaran katup.

Prosedur ini dapat dilakukan selama operasi jantung terbuka atau invasif minimal yang melibatkan sayatan kecil. Hingga saat ini para peneliti sedang mencoba prosedur annuloplasty menggunakan tabung panjang dan tipis.

Adapun lama prosedur tergantung pada kondisi pasien, namun rata-rata berkisar antara 2 hingga 4 jam.

Perawatan setelah pembedahan

Rata-rata pasien yang melalui perbaikan katup jantung dirawat inap di rumah sakit selama beberapa hari hingga seminggu untuk pulih. 

Ketika diperbolehkan pulang, dokter atau pelayan kesehatan akan memberitahu rekomendasi rencana perawatan yang sesuai serta menginformasikan kapan Anda diperbolehkan untuk beraktivitas normal.

Anda juga akan diberi petunjuk merawat luka jahitan agar tidak infeksi. Anda mungkin diminta untuk kembali untuk dilakukan evaluasi kembali.

Apakah annuloplasty aman dilakukan?

Bisa dikatakan annuloplasty merupakan cara utama untuk mengatasi katup bocor, dan cenderung dikombinasikan dengan operasi katup jantung lainnya.

Kebanyakan pasien langsung merasakan manfaat positif setelah annuloplasty, dan semakin meningkat selama beberapa minggu setelah operasi.

Adapun risiko yang dapat terjadi antara lain:

  • Terbentuknya gumpalan darah di dalam atau sekitar katup jantung
  • Kerusakan sel darah merah
  • Detak jantung tak normal
  • Radang selaput jantung (endokarditis)
  • Pendarahan yang disebabkan oleh penggunaan obat antikoagulan 

Risiko ini bisa terjadi akibat pemilihan teknik annuloplasty yang tidak tepat. Dalam sebuah penelitian, annuloplasty katup trikuspid tidak secara konsisten mengatasi regurgitasi. Regurgitasi adalah kondisi ketika katup tidak menutup dengan sempurna. 

Seiring waktu regurgitasi meningkat setelah annuloplasty Peri-Guard dan De Vega. 

Catatan

Ketika Anda disarankan melalui tindakan annuloplasty, tanyakan kepada dokter apa yang harus disiapkan, perawatan, dan efek samping yang mungkin terjadi.

Meski risikonya terdengar menyeramkan, mungkin annuloplasty adalah cara terbaik untuk mengatasi kondisi Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *