Categories
Kesehatan Mental

Selain Berdampak Negatif, Ini Dampak Positif Internet

waspadai dampak negatif internet

Semua aktivitas sehari-hari masyarakat atau seseorang nyaris bergantung dengan keberadaan internet, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, politik, sosial hingga budaya didukung oleh internet. Dampak positif pun didapat seseorang yang mengakses internet untuk keperluan mereka, tetapi juga tidak sedikit dampak negatif internet yang justru dimanfaatkan banyak masyarakat.

Dampak positif internet memang dirasakan oleh berbagai pihak dan kalangan, salah satu yang menjadi acuan adalah kecepatan dan kemudahan dalam menyelesaikan tujuan seperti tugas dan pekerjaan. Meski demikian, tak dapat dipungkiri jika internet juga bisa membawa dampak buruk bagi pemakainya, bisa itu orang dewasa maupun anak kecil atau remaja.

Dampak Negatif Internet

  • Konten Dewasa

Bahaya internet memang erat dikaitkan dengan konten dewasa, konten ini bisa berupa video, gambar dan lain sebagainya. Internet sebagai media mampu memberi peluang terhadap setiap orang untuk mengunduh, melihat dan juga memperdagangkan pornografi. Internet tak hanya berisi soal bisnis yang menjanjikan bagi seseorang tetapi lebih dari itu.

  • Tersebar Berbagai Informasi Palsu

Informasi palsu atau juga hoaks sangat mudah tersebar luas di internet, informasi ini tentu membahayakan bagi semua orang. Khususnya di kalangan yang belum terlalu paham mengenai informasi yang beredar. Terdapat kemungkinan bahwa informasi palsu lebih menakutkan ketimbang pembunuhan karena efeknya muncul dalam jangka panjang.

  • Sisi Kekejaman

Kompleksnya berbagai informasi yang terdapat di internet dengan berbagai situs yang menampilkan informasi beragam, termasuk salah satunya mengarah kepada kekejaman. Informasi seperti demikian tidak layak untuk diberitakan ke masyarakat atau orang lain karena mampu membuat trauma dan dianggap tabu oleh sebagian orang.

  • Penipuan

Inspirasi binis yang beredar di internet membuat segala hal bisa terjadi, salah satu contohnya adalah maraknya penipuan yang merugikan sebagian besar orang. Bagi masyarakat yang ingin mencari inspirasi bisnis yang menguntungkan harus memastikan apakah bisnis yang beredar di internet itu terpercaya atau sebatas penipuan.

Dampak Positif Internet

  • Wadah Ilmu Pengetahuan

Berbagai informasi yang ada di dalam internet membuat banyak orang menjadi lebih tahu segala hal karena bertambahnya ilmu pengetahuan dari informasi tersebut. Bahkan semua bidang di seluruh dunia bisa ditemukan masyarakat hanya lewat internet, perkembangannya tak hanya khusus pelajar dan mahasiswa tetapi juga masyarakat umum.

  • Media Komunikasi

Alat komunikasi di era teknologi seperti sekarang membuat siapa saja mampu berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang ada di seluruh penjuru dunia. Informasi yang dibutuhkan tersedia dan mudah untuk didapatkan, informasi ini bahkan sangat cepat untuk diakses karena teknologi yang semakin berkembang.

  • Cari Lowongan Pekerjaan

Tak hanya informasi dan wawasan ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan dari internet, masyarakat luas bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan. Ini tentu sangat membantu bagi seseorang yang belum memiliki pekerjaan dan ingin terjun di dunia kerja, internet membuat masyarakat lebih mudah memasukkan surat lamaran atau sekadar mencari info loker.

  • Bidang Kesehatan

Dampak negatif internet dalam bidang kesehatan memunculkan berbagai macam penyakit, salah satunya dari radiasi perangkat elektronik yang bisa merusak penglihatan. Selain itu, perangkat seperti gadget juga mampu memberi efek kecanduan yang mengakibatkan gangguan kesehatan terutama masalah penglihatan.

Akan tetapi, sisi positif internet untuk bidang kesehatan adalah munculnya berbagai macam aplikasi kesehatan yang dapat diunduh secara gratis. Biasanya digunakan sebagai pengatur gaya hidup, pola makan, olahraga dan konsultasi kesehatan dengan dokter ahli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *