Categories
Hidup Sehat

Teh Sereh Punya Sifat Antioksidan dan Antibakteri

Selain beraroma sedap, teh sereh juga punya manfaat yang "lezat".

Sereh, juga dikenal dengan nama citronella, merupakan tanaman dengan wangi lemon dan rasa buah sitrus. Tanaman ini sering dijumpai sebagai bahan baku untuk masakan khas Thailand dan dapat digunakan untuk mengusir serangga. Minyak esensial sereh juga digunakan sebagai aromaterapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat nuansa hati. Sereh juga digunakan sebagai “home remedy” untuk membantu tidur, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara populer untuk menikmati tanaman penuh manfaat ini adalah membuatnya menjadi teh sereh. 

Manfaat sehat teh sereh

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan, sereh mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Beberapa jenis antioksidan tersebut adalah isoorientin, asam chlorogenic, dan swertiajaponin. Dengan mengonsumsi teh sereh secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaat antioksidan dapat membantu mencegah disfungsi sel-sel tubuh di dalam arteri koroner. Antioksidan tersebut juga akan bertindak melawan peradangan, yang mana merupakan faktor risiko utama untuk beberapa kondisi kesehatan serius seperti serangan jantung. Para peneliti belum melakukan penelitian skala besar untuk membuktikan klaim ini. Namun, dokter tahu bahwa minum teh dapat membantu melawan radikal bebas, sehingga dapat mengurangi munculnya peradangan di dalam tubuh. 

Selain melawan radikal bebas, teh sereh juga sangat bermanfaat dalam melawan infeksi mulut dan gigi berlubang karena sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya. Menurut sebuah studi vitro tahun 2012 yang diterbitkan oleh Institut Kesehatan Nasional, minyak esensial sereh menunjukkan kemampuan antibakteri dalam melawan bakteri Streptococcus mutans, yang bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Penelitian lanjutan juga menunjukkan bahwa minyak sereh dan ion perak dapat bekerjasama dalam melawan beberapa jenis bakteri dan jamur pada vitro. 

Cara penyajian teh sereh

Belum ada penelitian yang cukup tentang teh sereh untuk dapat merekomendasikan dosis standar untuk kondisi apapun. Untuk rekomendasi dosis, konsultasikan dengan dokter Anda atau tenaga kesehatan yang memiliki kualifikasi di bidangnya. Untuk mengurangi risiko efek samping, mulailah dengan minum satu cangkir teh sereh setiap harinya, dan hentikan konsumsi apabila Anda merasakan adanya efek samping apapun. Untuk membuat teh sereh, adapun langkah-langkah yang perlu diikuti di antaranya adalah:

  • Tuangkan satu cup air panas di atas 1 hingga 3 sendok teh sereh segar atau kering
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit
  • Saring dan sajikan panas atau bisa ditambahkan es

Anda juga bisa menemukan kantung teh sereh yang banyak dijual di toko-toko makanan atau online. Anda juga bisa menggunakan sereh segar yang dibeli di pasar atau Anda tanam sendiri di kebun. Akan lebih baik apabila Anda memilih serai yang ditanam secara organik untuk menghindari penggunaan pestisida sintetis yang berbahaya. Apabila Anda tidak suka minum teh sereh, Anda bisa gunakan sereh dengan cara mencampurnya ke dalam makanan. Tambahkan satu batang sereh ke dalam sup ataupun kari. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam daging atau ikan sebelum memanggangnya. 

Teh sereh umumnya aman untuk diminum dan mengandung manfaat herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian laboratorium dan hewan menunjukkan bahwa sereh memiliki sifat anti peradangan, antibakteri, dan antikanker. Sereh juga dapat membantu melindungi dinding perut dan meningkatkan profil lipid Anda. Anda bisa minum teh sereh satu cangkir setiap harinya, atau sesuai dengan anjuran dan rekomendasi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *